a

Fadil Muzakki Yakin Tahun Ini Ibadah Haji Dilaksanakan

Fadil Muzakki Yakin Tahun Ini Ibadah Haji Dilaksanakan

SURABAYA (21 Maret): Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, KH Achmad Fadil Muzakki meyakini tahun 2022 ini ibadah haji akan terlaksana.

“Hanya saja sampai sejauh ini belum bisa dipastikan karena memang belum diputuskan, termasuk juga biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) reguler tahun 1443 hijriah ini,” ungkap Fadil Muzakki dalam keterangannya, Senin (21/3).

Legislator NasDem dari Dapil Jatim III (Banyuwangi, Bondowoso, dan Situbondo) itu yakin terlaksananya ibadah haji tahun ini karena adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pelonggaran protokol kesehatan.

“Sekarang sudah tidak ada lagi tes PCR dan antigen termasuk meniadakan proses karantina dan social distancing. Bahkan bisa membuka masker di ruang terbuka,” kata Lora Fadil, sapaan akrabnya.

Terkait biaya perjalanan haji, Lora Fadil menuturkan, situasi internasional dapat mempengaruhi kurs dolar, yang mengakibatkan adanya kemungkinkan kenaikan biaya haji.

“Tapi detailnya nanti kita akan bahas dengan Kemenag. Mudah-mudahan segera selesai semua. Paling tidak awal-awal bulan depanlah. Semoga pada awal bulan puasa ini ada kepastian,” ungkapnya.

Dia berharap pemerintah bisa menekan biaya perjalanan haji semaksimal mungkin, mengingat kondisi ekonomi Indonesia akibat pandemi Covid-19 masih dalam proses pemulihan.

“Maka ini harus menjadi perhatian bersama,” pungkasnya.

(RO/Sol/*)

Add Comment