a

RUU TPKS Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun Ini 

RUU TPKS Ditargetkan Rampung Pertengahan Tahun Ini 

JAKARTA (18 Maret): Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Lisda Hendrajoni menyambut baik putusan Badan Musyawarah (Bamus) DPR yang telah menunjuk Badan Legislasi (Baleg) DPR untuk membahas RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) bersama pemerintah.

Menurut Lisda, hal itu juga yang diharapkan sejak awal, pembahasan (RUU TPKS) sudah dilakukan Baleg.

“Ya ini tentu kabar baik ya. Artinya sesuai dengan yang kita harapkan. AKD yang ditunjuk adalah Baleg. Karena memang sejak awal, kawan-kawan di Baleg yang terus mengawal dan membahas ini (RUU TPKS),” ungkap Lisda yang juga anggota Baleg DPR RI tersebut.

Langkah yang ditempuh Pimpinan dan Bamus DPR ini, juga diapresiasi Lisda meski sempat beberapa kali tertunda.

“Meski sempat beberapa kali tertunda, tetap konkret dalam proses pengesahan RUU TPKS menjadi undang-undang. Ini sesungguhnya harapan kita, yakni DPR dapat sejalan dengan pemerintah yang sangat gencar dalam pengesahan RUU ini. Insyaallah selangkah lagi (pengesahan),” jelasnya.

Menurut rencana, pembahasan perdana RUU TPKS akan berlangsung pekan depan. Legislator NasDem dari Dapil Sumatera Barat I (Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, dan Kota Padangpanjang) itu berharap pembahasan RUU TPKS dirampungkan paling lambat pertengahan tahun ini sehingga dapat segera disahkan menjadi UU.

“Kita upayakan segera. Mudah-mudahan dapat disahkan pertengahan tahun. Karena secara teknis, pengawasan dan dorongan percepatan pembahasan RUU tersebut akan disalurkan melalui anggota Fraksi Partai NasDem yang ada di Baleg,” sambungnya.

Ketua Garnita Malahayati NasDem Sumatera Barat tersebut juga berharap, proses pembahasan tidak berlarut-larut karena sejumlah materi sebelumnya sudah digodok Panja di Baleg. Selain itu, pemerintah juga telah menyediakan daftar inventarisasi masalah (DIM) untuk dibahas bersama Baleg.

“Baleg sudah menguasai materi karena sejak awal sudah di Baleg (pembahasannya). Semoga tidak berlarut-larut dan cepat terealisasi. Kami menjamin Fraksi Partai NasDem DPR RI akan terus mengawal proses pembahasan RUU yang sangat ditunggu masyarakat itu,” pungkasnya.

(Bee/*)

Add Comment