a

NasDem Dorong Optimalisasi Fungsi DPRD

NasDem Dorong Optimalisasi Fungsi DPRD

JAKARTA (16 Maret): Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Roberth Rouw mendorong optimalisasi fungsi pengawasan, anggaran, dan legislasi DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Pada prinsipnya, optimalisasi fungsi pengawasan, anggaran, dan legislasi dengan niat menciptakan check and balance antara legislatif dan eksekutif itu patut didukung,” tegas Roberth saat menerima audiensi Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi) Wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3).

Legislator NasDem dari Dapil Papua tersebut mengatakan, fungsi-fungsi lembaga legislatif sangat penting untuk dijalankan, agar pemerintahan berjalan dengan baik.

Perwakilan dari Adkasi yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Keerom dari Fraksi Partai NasDem, Sigit Widodo mengatakan, fungsi pegawasan sangat perlu untuk diperkuat, khususnya di Papua. Terlebih setelah disahkan UU No.2 Tahun 2021 Tentang Perubahan Kedua Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Ia menambahkan, alokasi dana otsus yang diterima Papua akan lebih besar. Maka perlu pengawasan dari DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota untuk memastikan alokasi dana tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat Papua.

“Fungsi pengawasan terhadap pembangunan ekonomi dan infrastruktur di Provinsi Papua dapat optimal jika ada sinergitas antara DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten,” tambah Sigit.

Senada, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo yang juga dari Fraksi Partai NasDem menjelaskan, selama ini fungsi pengawasan dan anggaran DPRD dalam pemanfaatan Otsus dan APBD Provinsi Papua belum optimal. Menurutnya, ada beberapa kasus daerah di Provinsi Papua, anggota DPRD tidak dilibatkan dalam proses penyusunan dan pembahasan APBD.

“Ada kesan selama ini, DPRD seperti salah satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) saja,” kata Legislator NasDem dari Kabupaten Jayapura itu.

(Reno/Wandry/*)

Add Comment