a

Lindungi Generasi Z, DPW NasDem Sumut Gelar Seminar Anti Narkoba

Lindungi Generasi Z, DPW NasDem Sumut Gelar Seminar Anti Narkoba

MEDAN (14 Maret) : Puluhan pelajar SMA dan SMK di wilayah Sumatera Utara tampak antusias mengikuti seminar penyuluhan anti narkoba yang digelar DPW Partai NasDem Sumut. Kegiatan bertajuk ‘Generasi Z Sumut Juara Tanpa Narkoba’ itu berlangsung di Kantor DPW NasDem Sumut Jalan Prof. HM Yamin Kota Medan pada Senin (14/3).

Pada kesempatan tersebut DPW NasDem Sumut mengundang beberapa narasumber seperti Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Toga Panjaitan, Dir Narkoba Polda Sumut yang diwakili Kabag Wasidik AKBP Robin Simatupang dan Kepala Dinas Pendidikan Sumut yang diwakili Lasro Marbun.

Ketua panitia, Tengku Ryan mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas keprihatinan Partai NasDem terhadap kondisi Provinsi Sumut yang sudah masuk dalam kondisi darurat narkoba. Belum lagi pengaruh buruk zat terlarang ini sudah menyasar ke kalangan remaja atau milenial.

“Karena itulah pendidikan anti narkoba ini penting dilakukan mulai sejak usia dini. Harapannya, dengan mengetahui jenis dan bahaya narkoba mereka bisa membentengi diri dari pengaruh buruk zat tersebut,” kata Wakil Ketua Bidang Milenial dan Pemilih Pemula itu.

Sementara itu Wakil Ketua Kaderisasi dan Pendidikan Politik DPW NasDem Sumut Natanail Ketaren juga menyampaikan rasa keprihatinan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang telah menyentuh semua kalangan. Mulai dari kota sampai tingkat desa. Oleh sebab itu, kata dia NasDem sebagai pilar bangsa merasa tergerak menyelenggarakan seminar anti narkoba bagi kalangan pelajar ini.

“Artinya, sedikit banyaknya partai NasDem telah melakukan sesuatu untuk pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di tingkat pelajar. Dan Partai NasDem sangat perduli dengan permasalahan ini,” sambung dia.

Partai NasDem, lanjut Natanail, sangat mendukung penindakan terhadap pelaku atau bandar narkoba yang sudah dilakukan pihak BNN maupun Polri. Namun, Partai NasDem meminta agar langkah itu dapat dilakukan secara berkesinambungan dan lebih masif lagi.

“Tapi untuk para korban mulai dari kalangan remaja dan masyarakat lainnya hendaknya harus diperhatikan. Jangan dibiarkan, mereka itu korban. Bukan hukum penjara jawabannya, tetapi rehabilitasi,” ucapnya.

Menyambung keterangan Natanail, Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut, H. Syarwani mengatakan, Partai NasDem mendorong Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mau menganggarkan melalui APBD untuk pembangunan tempat-tempat rehabilitasi bagi para korban penyalahgunaan narkoba.

Selain itu menurut dia pihak kepolisian juga harus berani bertindak tegas dan mengikis habis narkoba di Provinsi Sumut.

“Kalau generasi ini hancur, kedaulatan negara juga akan hancur. Bila perlu, untuk bandar narkoba digunakan hukuman mati. Sebab, jika pengedarnya tidak ada, maka narkobanya juga akan tidak ada lagi,” kata dia.

Di lokasi yang sama, peserta acara bernama Erik Affandi Sinaga mengatakan, seminar penyuluhan anti narkoba yang digelar DPW Partai NasDem Sumut ini merupakan suatu gebrakan yang luar biasa.

Menurut Erik, Generasi Z adalah calon-calon pemimpin bangsa sehingga perlu digembleng dan dibimbing agar menjadi pemuda-pemudi yang bisa membanggakan negara dan jauh dari kata narkoba.

“Para narasumber yang dihadirkan sangat kompeten sehingga dapat menjelaskan dengan sangat baik. Ilmu yang disampaikan narasumber sangat bisa kami terima. Dan Pertanyaan yang kami ajukan dapat dijawab dengan jawaban yang memuaskan,” ujar pria yang bersekolah di SMA Negeri 4 itu.

(WH)

Add Comment