a

Sugeng Dorong Cilacap, Banyumas Jadi Pusat Ekonomi Baru

Sugeng Dorong Cilacap, Banyumas Jadi Pusat Ekonomi Baru

PURWOKERTO (11 Maret): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mendorong wilayah Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Tengah (Jateng). Saat ini infrastruktur untuk mengembangkan industrialisasi di kedua wilayah tersebut sudah tersedia.

Legislator NasDem itu mengatakan, Cilacap dan Banyumas menjadi titik sumbunya pertumbuhan ekonomi di kawasan Jateng bagian selatan.

“Cilacap dapat menjadi kawasan industri. Apalagi saat ini sudah ada pelabuhan alam terbaik yakni Pelabuhan Tanjung Intan. Kemudian juga ada Bandara Tunggul Wulung dan infrastruktur kereta api (KA). Nantinya akan ada pembangunan jalan tol, baik dari Jawa Barat maupun dari Brebes di wilayah pantura,” kata Sugeng saat Bimbingan Teknis Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah di Purwokerto, Banyumas, Jateng, Kamis (10/3).

Untuk pelabuhan, jelas Sugeng, dapat dibangun menjadi tiga klaster yakni pelabuhan ekspor impor, peti kemas dan pelabuhan penumpang. Cilacap menjadi wilayah industri, sedangkan Banyumas dikembangkan menjadi daerah pendidikan, jasa dan wisata.

“Banyumas telah mempunyai perguruan tinggi negeri serta ada kawasan wisata Baturraden yang dapat dikembangkan menjadi destinasi internasional,” kata Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah VIII (Kabupaten Cilacap dan Banyumas) itu.

Sugeng pun meminta kepada para pelaku usaha baik skala kecil dan menengah untuk terus mengembangkan diri sebagai penopang perekonomian.

Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian, Dini Hanggandari, mengatakan bahwa bimtek  yang diselenggarakan untuk pelaku industri kecil dan menengah itu, merupakan bagian dari kerja sama dengan Komisi VII DPR RI.

“Kami mengucapkan terima¬† kasih, karena telah dibantuk Komisi VII DPR sehingga acara ini dapat terselenggara,” katanya.

(MI/*)

Add Comment