a

Perlu Tingkatkan Penyelenggaraan Pariwisata Aman

Perlu Tingkatkan Penyelenggaraan Pariwisata Aman

JAKARTA (3 Maret): Daerah-daerah harus memanfaatkan potensi wisata yang ada dengan terus meningkatkan penerapan pola penyelenggaraan pariwisata yang aman.

“Sejumlah potensi di berbagai bidang harus segera dimanfaatkan, termasuk di sektor pariwisata, agar mendorong perekonomian nasional terus tumbuh di masa pandemi,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/3).

Keterangan resmi Badan Pusat Statistik (BPS), Selasa (1/3) tercatat kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia pada Januari 2022 sebanyak 143.744 orang. Jumlah tersebut turun 12,15% jika dibandingkan capaian Desember 2021.

Namun, secara tahunan (year on year/yoy), jumlah itu bertambah 13,62% jika dibandingkan dengan capaian Januari 2021, yakni 126.515 orang.

Kedatangan wisman Januari tahun ini didominasi lima negara yaitu Timor Leste, Malaysia, Tiongkok, Papua Nugini dan Amerika Serikat.

Potensi tersebut, menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, harus dimanfaatkan agar sektor pariwisata nasional tetap berdenyut.

Menurut Legislator NasDem itu, pemanfaatan minat para wisman yang berkunjung ke Indonesia harus disikapi dengan bijak lewat penerapan penyelenggaraan wisata yang aman, seperti mekanisme travel bubble.

Skema travel bubble tersebut, ujar Rerie, memastikan bahwa para wisman yang datang hanya berlibur pada daerah yang dituju saja, sehingga para wisatawan lebih terjamin keamanannya dari potensi paparan Covid-19.

Memanfaatkan setiap potensi wisata yang ada diimbangi dengan kreativitas penerapan mekanisme pengamanan para Wisman, ujar anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, membuka peluang bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata untuk bisa terus produktif.

Berbagai kreativitas dan upaya yang terukur berdasarkan data yang valid, tegas Rerie, harus terus dikembangkan agar upaya mengakselerasi sektor-sektor yang terdampak pandemi lebih terarah dan aman, sehingga berujung pada peningkatan produktivitas sektor tersebut.

Menurut Rerie, langkah-langkah strategis sangat diperlukan agar sektor pariwisata nasional dapat segera membaik dan bangkit di masa pandemi ini.(*)

Add Comment