a

NasDem Optimistis Merauke Jadi Lumbung Pangan Nasional

NasDem Optimistis Merauke Jadi Lumbung Pangan Nasional

MERAUKE (3 Maret): Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Sulaeman L Hamzah optimistis terhadap mimpi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan Kabupaten Merauke, Papua sebagai lumbung pangan nasional.

“Saya optimistis mimpi besar Jokowi ini bisa terwujud. Saya selalu tagih dalam rapat-rapat di DPR melalui menteri. Ada janji Jokowi yang mau menjadikan tanah Animha ini sebagai lumbung pangan nasional,” kata Sulaeman seusai panen raya padi di Kampung Waninggap Miraf, Tanah Miring, Merauke, Papua, Senin (28/2).

Sulaeman menjelaskan, mimpi besar itu sangatlah beralasan. Kabupaten yang berada di ujung timur NKRI itu memiliki lahan yang sangat luas untuk dikembangkan di sektor pertanian dan perkebunan. Mimpi besar itu harus bisa terwujud.

“Pemerintah Pusat telah menaruh perhatian besar pada sektor pertanian di Kabupaten Merauke. Sejak periode pertama kepemimpinan Jokowi, sudah ribuan alsintan dan bantuan lainnya yang berhubungan dengan dunia cocok tanam itu dialokasikan ke Merauke. Bahkan banyak hal yang menyangkut peningkatan produktivitas petani selalu dibahas dalam agenda sidang DPR RI,” urainya.

Legislator NasDem dari Dapil Papua itu menambahkan, potensi lahan pertanian di Kabupaten Merauke sangat besar. Bahkan Merauke memiliki potensi tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan pangan di Provinsi Papua, tetapi bisa memberikan sumbangan pangan di luar Papua.

“Saya tidak segan-segan menyampaikan beberapa yang berkaitan dengan upaya memajukan peningkatan produktivitas pertanian di Merauke. Kita terus berjalan bersama-sama untuk memajukan petani di Merauke,” pungkas Sulaeman.

Untuk diketahui, total luas lahan Merauke yang berpotensi untuk dibuka persawahan kurang lebih 4,6 juta hektare. Dari jumlah itu sebanyak 1,2 juta hektare lahan dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Merauke dan sisanya 3,4 juta hektare akan dikerjakan Pemerintah Pusat.

Dari luas lahan 1,2 juta hektare yang dikelola Pemda, lahan yang baru tertanami sebanyak 148.665 hektare. Terdiri dari tanaman pangan hak penggunaan lahan  (HPL), hortikultura, perkebunan dan tanaman pangan hutan produksi konversi (HPK). Produksi padi di kabupaten Merauke setiap tahun bertambah.

Kemampuan Merauke memproduksi hasil pertanian khususnya beras untuk Papua sudah terpenuhi, tapi untuk memenuhi kebutuhan Papua dan Papua Barat masih memerlukan pengembangan lahan lebih lanjut.(RO/*)

Add Comment