a

DPR akan Bahas Nasib Mahasiswa Indonesia di Ukraina

DPR akan Bahas Nasib Mahasiswa Indonesia di Ukraina

JAKARTA (3 Maret): Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Mohammad Haerul Amri mengatakan, Komisi X DPR akan membahas nasib para mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Ukraina dan Rusia.

“Masalahnya, perang Rusia-Ukraina ini belum jelas kapan berakhirnya. Kita tidak bisa menebak-nebak. Jadi nasib para mahasiswa ini perlu dibahas,” kata Aam, di Jakarta, Rabu (2/3).

Legislator NasDem itu meminta para mahasiswa Indonesia di kedua negara itu tetap waspada dan terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia. Pemerintah Indonesia juga harus terus berkoordinasi dan membangun komunikasi yang intensif dengan semua pihak, demi keselamatan para mahasiswa.

“Ini situasinya darurat perang, jadi tidak bisa memilih ke wilayah mana. Jadi koordinasi dengan Kedutaan Besar tidak boleh lepas. Kita berharap perang ini segera berakhir, sehingga semua cepat pulih kembali. Jadi bisa kemudian ditentukan nasib para mahasiswa tersebut, apakah harus pulang dulu ke Indonesia atau tidak,” katanya.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur II (Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Pasuruan) itu menambahkan bahwa langkah dan kebijakan Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina menjadi rujukan, karena lembaga itu merupakan kepanjangan tangan pemerintah.

“Saran saya, mahasiswa yang masih studi di Ukraina, mengikuti arahan dan kebijakan dari Kedubes,” pungkas Aam.

(RO/*)

Add Comment