a

Syarief Resmikan Jembatan Akses ke Keraton Kubu

Syarief Resmikan Jembatan Akses ke Keraton Kubu

SUNGAI RAYA (27 Februari): Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Syarief Abdullah Alkadrie bersama Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan meresmikan jembatan gantung sepanjang 84 meter di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (24/2).

Jembatan dengan konstruksi besi itu membuka akses ke Keraton Kerajaan Kubu, di Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya. Pembangunan jembatan tersebut menelan anggaran APBN sebanyak Rp7,5 miliar dan memerlukan waktu pengerjaan selama enam bulan.

Syarief Abdullah mengatakan, jembatan gantung tersebut diperlukan untuk mempermudah akses ke Keraton Kerajaan Kubu. Ia berharap kelestarian sejarah Keraton Kubu serta makam-makam kerajaan pada zaman dahulu tetap terjaga.

“Karena itu (keraton dan makam) merupakan peninggalan sejarah. Kita juga sedang menata penguatan sejarah Keraton Kubu, yang diharapkan pak Bupati memprogramkan akses jalannya itu,” ujar Syarief seusai peresmian.

Legislator NasDem dari Dapil Kalimantan Barat I (Sambas, Bengkayang, Kota Singkawang, Landak, Kayong Utara, Ketapang, Kota Pontianak, Mempawah, dan Kubu Raya) itu menjelaskan, konsep dari Keraton Kerajaan Kubu ke depan ialah menjadi destinasi wisata. Adanya jembatan tersebut merupakan syarat dalam mengembangkan Keraton Kubu untuk menjadi cagar budaya.

“Selepas ini juga kita akan kembangkan kompleks keraton, setelah Keraton Kubu ini ditetapkan menjadi situs, sehingga penanganannya menjadi komprehensif,” ujarnya.

Syarief mengimbau masyarakat agar menjaga keutuhan jembatan tersebut. Karena umur dari jembatan itu tergantung dari perawatan masyarakat.

“Jangan sampai ada sekrup jembatan yang dicopot, lantai jembatan yang terbuka. Karena bagus atau tidaknya jembatan ini tergantung dari masyarakat,” tukasnya.

(Mustafa/Dis/*)

Add Comment