a

Perlu Percepat Kemandirian Warga Jalani Kenormalan Baru

Perlu Percepat Kemandirian Warga Jalani Kenormalan Baru

JAKARTA (18 Februari): Kemandirian masyarakat dalam menjalani kenormalan baru harus didukung sarana dan prasarana pengendalian Covid-19 dengan standar pelayanan yang terukur.

“Untuk menjalani kenormalan baru di masa pascapandemi tentunya sejumlah instrumen pendukung antara lain laboratorium test swab, alat pelacak di area publik dioperasikan dengan tata kelola yang memiliki standarisasi yang jelas,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/2).

Dalam beberapa hari terakhir, Kementerian Kesehatan banyak menerima laporan dari pasien positif Covid-19 yang belum bisa mengakses paket obat untuk isolasi mandiri, karena hasil test belum diinput oleh laboratorium ke sistem new all record (NAR) Kemenkes.

Keterlambatan itu menyebabkan pasien yang mengakses layanan telemedicine terlambat mendapat obat gratis dan tidak terdeteksi di aplikasi PeduliLindungi.

Apalagi, saat ini Kemenkes memperluas layanan telemedicine dan obat gratis untuk pasien Covid-19 berdasarkan hasil test swab antigen, yang semula harus berdasarkan test swab PCR.

Menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, sejumlah permasalahan teknis tersebut harus segera diatasi untuk mendukung percepatan kemandirian masyarakat dalam menjalani kenormalan baru.

Legislator NasDem itu menegaskan, memastikan diri terhindar dari paparan Covid-19 lewat test swab menjadi salah satu persyaratan beraktivitas yang mewarnai keseharian pada kenormalan baru.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi di ruang publik, menurut Rerie, juga harus terus ditingkatkan demi memperkuat sistem pengendalian penyebaran Covid-19.

Selain itu, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem tersebut, pemahaman masyarakat tentang apa saja yang harus dilakukan agar tetap bisa beraktivitas pada kenormalan baru juga harus ditingkatkan.

Dengan demikian, tambahnya, kenormalan baru dalam keseharian menjadi pemahaman umum bagi masyarakat luas. Termasuk di dalamnya disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Dengan pemahaman yang baik tentang pencegahan Covid-19 dan sarana pendukung pengendalian yang memiliki tata kelola yang baik, Rerie meyakini masyarakat mampu menjalani kenormalan baru dengan aman.

Rerie berharap para pemangku kepentingan dan masyarakat luas secara bersama mendukung terbentuknya kenormalan baru dalam aktivitas keseharian agar masyarakat   tetap produktif di tengah upaya pengendalian penyebaran Covid-19.(*)

Add Comment