a

NasDem Nilai Biaya Pemilu Rp76 Triliun Terlalu Tinggi

NasDem Nilai Biaya Pemilu Rp76 Triliun Terlalu Tinggi

JAKARTA (16 Februari): Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa meminta KPU menghitung kembali usulan anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024. Ia menilai usulan anggaran sebesar Rp76 triliun terlalu tinggi.

“Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini,” ujar Saan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/2).

Legislator NasDem itu mengatakan penyelenggara Pemilu 2024 masih bisa menekan anggaran dengan melakukan efisiensi di beberapa tahapan, seperti proses rekapitulasi, pengurangan masa kampanye, sosialisasi, bimbingan teknis, dan pemutakhiran data.

“Semua tahapan kami melihat masih bisa diefisiensikan dengan inovasi dan kebijakan yang tepat,” ujarnya.

Komisi II DPR, kata Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI itu, bakal menyisir seluruh tahapan untuk menekan anggaran. Salah satu hal yang akan dihapus adalah usulan penyediaan sarana dan prasarana pemilu, seperti gedung baru untuk kantor KPU di sejumlah wilayah yang masih menyewa.

“Pembangunan gedung baru KPU yang masih ngontrak saat ini belum penting direalisasi. Kalau untuk infrastruktur itu nanti setelah 2024 saja setelah pandemi berakhir, saat negara sudah pulih kembali keadaan ekonominya,” pungkas Legislator NasDem dari Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta) tersebut.

(Dis/*)

Add Comment