a

Robeth Rouw Nakhoda Baru Fraksi Partai NasDem DPR RI

Robeth Rouw Nakhoda Baru Fraksi Partai NasDem DPR RI

JAKARTA (7 Februari): Fraksi Partai NasDem DPR RI, sejak Jumat (4/2), diketuai Robeth Rouw menggantikan ketua sebelumnya Ahmad Ali. Peralihan Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu tertuang dalam Surat Keputusan DPP Partai NasDem nomor 1-Kpts/DPP NasDem/II/2022 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Pimpinan dan Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI 2022-2024 yang ditanda tangani Surya Paloh, 4 Februari 2022.

“Jadi DPP Partai NasDem telah memutuskan untuk melakukan rolling, pergantian ketua fraksi dari saya (Ahmad Ali) dialihkan kepada Robeth Rouw,” ujar Ahmad Ali dalam konferensi pers, di ruang Rapat Fraksi Partai NasDem DPR RI, Gedung Nusantara I, Lantai 22, Senayan, Jakarta, Senin (7/2).

Ali menjelaskan pergantian ketua fraksi sudah direncanakan sejak beberapa waktu terakhir. Pergantian tersebut karena Ali akan fokus mengurus internal Partai NasDem menyambut Pemilu 2024.

“Menghitung posisi saya sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, tentunya selama ini memegang peran untuk memimpin konsolidasi. Konsolidasi yang terus menerus kami lakukan membuat waktu saya sebagai ketua fraksi jadi lebih berkurang, sehingga banyak agenda yang harusnya ditangani langsung ketua fraksi akibatnya menjadi terhambat. Sehingga kemudian partai memandang perlu untuk mendinamisir kembali di internal Fraksi Partai NasDem,” tandasnya.

Legislator dari Dapil Sulawesi Tengah itu menjelaskan, ia sedang ditugasi oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk merapatkan struktur partai hingga daerah.

“Saya sedang ‘dihukum’ oleh ketua umum, dalam artian saya diberikan tugas yang lebih berat lagi untuk melakukan konsolidasi secara nasional. Tanggal 22 Februari 2022, Partai NasDem juga akan meresmikan kantor pusat, di sana nanti aktivitas kepartaian akan meningkat. Pemilu tinggal dua tahun membutuhkan energi, membutuhkan pikiran dan tenaga yang lebih fokus,” urai Ali.

Anggota Komisi III DPR RI ini juga meminta dukungan kepada seluruh masyarakat dan awak media sehingga Ketua Fraksi NasDem yang baru Robeth Rouw bisa bekerja secara maksimal.

“Ini adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam struktur kepartaian. Dukungan teman-teman media kepada ketua fraksi baru NasDem tidak boleh berkurang, seperti selama ini dukungan media kepada saya sebagai ketua fraksi,” tukasnya.

Selain pergantian ketua fraksi, Ali juga mengatakan akan ada beberapa posisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang ditempati anggota Fraksi NasDem akan ditarik.

“Ada beberapa anggota Fraksi Partai NasDem yang hari ini memegang posisi di Alat Kelengkapan Dewan akan ditarik ke DPP untuk fokus di partai. Salah satunya Willy Aditya yang hari ini sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg), akan ditarik untuk fokus mengurusi internal Partai NasDem,” pungkasnya.

(Dis/*)

Add Comment