a

Pemerintah Diharapkan Terus Bantu IKM

Pemerintah Diharapkan Terus Bantu IKM

JAKARTA (2 Februari): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto berharap pemerintah terus membantu industri kecil menengah (IKM) dalam menghadapi tantangan besar pandemi Covid-19. Ia menilai sektor IKM berkontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sugeng menyampaikan hal itu saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA), Kementerian Perindustrian di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/1). Dalam rapat tersebut, Komisi VII DPR ingin mendalami produktivitas IKM, terutama setelah dihantam pandemi selama dua tahun terakhir.

“Komisi VII DPR RI berharap kepada Kementerian Perindustrian khususnya Direktorat IKM untuk membantu para pelaku IKM dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Kami berharap IKM mampu tumbuh dan berkembang serta berkontribusi lebih untuk perekonomian nasional yang selama ini berlangsung,” ujar Sugeng.

Menurut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah VIII (Kabupaten Cilacap dan Banyumas) itu, sektor IKM telah terbukti memberi kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Hal itu terlihat dari unit usaha dan penyerapan tenaga kerja yang masif di Tanah Air. Apalagi, di dunia perbankan, sektor tersebut menunjukkan hal positif. Angka kredit macet atau nonperforming loan (NPL) yang rendah dibandingkan debitur lain.

“IKM menunjukkan kinerja baik dari sisi perbankan. Ini perlu mendapat apresiasi, karena kredit macetnya lebih kecil daripada yang lain,” tandasnya.

(dpr.go.id/*)

Add Comment