a

Komisi II DPR Ingin Seleksi Anggota KPU-Bawaslu Awal Februari

Komisi II DPR Ingin Seleksi Anggota KPU-Bawaslu Awal Februari

JAKARTA (20 Januari): Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa mengatakan Komisi II DPR telah menerima nama-nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027. Para calon anggota penyelenggara pemilu tersebut akan segera diseleksi melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

“Jadi kita (Komisi II DPR) masih menunggu penugasan dari pimpinan DPR lewat Bamus (Badan Musyawarah),” kata Saan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1).

Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR itu mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah mengirimkan surat kepada Pimpinan DPR mengenai 24 nama calon anggota KPU dan Bawaslu.

“Surat diterima pimpinan, sudah seminggu yang lalu. Jadi minggu lalu sudah dikirim Presiden,” ungkap Saan.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta) itu menambahkan bahwa surat tersebut akan dibacakan dalam Rapat Paripurna dan selanjutnya diserahkan ke Komisi II DPR untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Saan berharap proses itu segera dilakukan. Sehingga, uji kepatutan dan kelayakan bisa dilakukan pada Masa Sidang ke-III 2021-2022.

“Mungkin minggu pertama Februari kita sudah bisa fit and proper test,” tukasnya.

Sebelumnya, Tim Seleksi (Timsel) telah memilih 24 nama calon anggota KPU-Bawaslu. Nama-nama tersebut sudah diserahkan ke Presiden Jokowi pada 6 Januari 2022.

Nama-nama calon anggota KPU adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sedangkan nama-nama calon anggota Bawaslu adalah Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono. (medcom/*)

Add Comment