a

Antisipasi Banjir, Legislator NasDem Sidak Pengerjaan Saluran Air di Samarinda

Antisipasi Banjir, Legislator NasDem Sidak Pengerjaan Saluran Air di Samarinda

SAMARINDA (19 Januari): Anggota Fraksi NasDem DPRD Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Celni Pita Sari melakukan sidak untuk memeriksa langsung ke lapangan terkait pengerjaan saluran air di sejumlah daerah di Samarinda. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi banjir.

“Kami datang untuk melakukan sidak pekerjaan drainase penanggulangan banjir se-Samarinda tahun pengerjaan 2021,” kata Celni Pita Sari yang juga Ketua Garda Pemuda NasDem Kaltim itu ketika dihubungi nasdem.id dari Jakarta, Rabu (19/1).

Anggota Komisi 3 DPRD Kota Samarinda itu meninjau proyek pengerjaan normalisasi di beberapa titik di Kota Samarinda seperti di Jalan PM Noor Sempaja, S Parman depan Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Jalan Awanglong , Taman Samarendah, Jalan Barito Loa, Jalan Ilir dan Jalan Mangkujenang Simpang Pasir.

Menurut Celni, daerah tersebut memang kerap diterjang banjir jika musim penghujan tiba, yang alhasil dapat mengganggu aktivitas keseharian warga sekitar. Untuk itu dia hadir untuk memastikan proyek penanggulangan banjir tersebut dapat sesuai dengan perencanaan dan berfungsi optimal.

“Ini semua yang banjir, makanya kita sidak untuk melihat pembangunan dan progresnya seperti apa,” tambah dia.

Manajer Timnas Futsal U20 Indonesia itu mengatakan, wilayah Samarinda dikenal sebagai daerah yang daratannya lebih rendah dari sungai sehingga menyebabkan langganan banjir saat musim penghujan datang. Untuk itu dia pun memastikan untuk terus mengawal program pemerintah dalam mengatasi banjir.

“Jadi akan banjir jika drainasenya gak bagus. Terus banyak pematangan lahan guna membangun perumahan atau bangunan yang menutup sungai alam, pembangunan rumah penduduk yang tidak memikirkan saluran pembuangan air dan penambangan ilegal,” kata dia.

Dalam sidak yang masih berlangsung ketika nasdem.id menghubungi, Celni mengatakan ada beberapa hal teknis yang dinilainya belum maksimal dari pengerjaan saluran tersebut. Sehingga pihaknya bersama DPRD Kota Samarinda akan melakukan hearing bersama guna mendapatkan penjelasan agar hasilnya dapat lebih maksimal.

“Ada beberapa pekerjaan yang dari penglihatan kami kurang maksimal. Jadi kami akan melaksanakan rapat internal untuk memanggil OPD terkait dan pihak ketiga untuk melakukan hearing bersama,” ungkap dia.

Selain mengatasi banjir dengan mengawal program pemerintah dalam upaya pengentasan banjir di Kota Samarinda, Celni juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk kerja bersama bergotong royong dalam menjaga bumi dan lingkungan agar tetap terjaga keasriannya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar kita selalu menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan . Sama-sama menjaga fasilitas umum , membersihkan sedimen gorong-gorong , dan juga membangun rumah dengan mentaati aturan sehingga tidak menyebabkan banjir yang merugikan kita semua juga,” demikian tutup Celni.

(WH)

Add Comment