a

Julie Kunjungi Rumah Tempe Azaki, Ingin Budidaya Kedelai di NTT

Julie Kunjungi Rumah Tempe Azaki, Ingin Budidaya Kedelai di NTT

BOGOR (13 Januari): Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Julie Sutrisno Laiskodat mengunjungi Rumah Tempe Azaki di Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (13/1).

“Saya ingin melihat proses produksi tempe. Selama ini kita melihat tempe hanya untuk makan sehari-hari, ternyata tempe bermanfaat untuk kesehatan tubuh,” ujar Julie.

Legislator NasDem itu mengatakan Rumah Tempe Azaki memiliki standar produksi yang sangat baik. Bahkan produk tempenya sudah diekspor ke Jepang.

“Proses produksinya juga standar internasional dan izinnya pun sudah izin resmi. Tadi saya coba makan mentah. Tempenya bersih, enak, dan gurih, standarnya bagus.” jelasnya.

Legislator NasDem dari Dapil Nusa Tenggara Timur I (Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat, dan Nagekeo) itu juga mengajak pengelola Rumah Tempe Azaki untuk berkunjung ke NTT.

Ia ingin Rumah Tempe Azaki mentransfer ilmu dan pengalamannya untuk memproduksi tempe dan budidaya kedelai kepada masyarakat NTT. Sehingga nantinya masyarakat NTT bisa memproduksi tempe berstandar baik.

“Potensi NTT salah satunya adalah pertanian, tetapi selama ini tempe kan bahan bakunya (kedelai) kebanyakan dari impor. Padahal di seluruh Indonesia termasuk NTT sangat berpotensi,” tandasnya.

Julie ingin ke depan NTT bisa menjadi penghasil kedelai dan tempe dengan kualitas berstandar internasional.

“Mudah-mudahan ke depan Indonesia tidak lagi impor kedelai, tapi kedelai hasil lokal untuk memproduksi tempe,” pungkasnya.

Pemilik Rumah Tempe Azaki, Ayep Zaki menyambut baik kunjungan Julie Sutrisno.

“Hari ini Ibu Julie Laiskodat bersama Gubernur Akademi Bela Negara NasDem IGK Manila berkunjung ke Rumah Tempe Azaki. Ingin melihat proses produksi dari awal hingga akhir,” ujar Ayep.

Terkait undangan ke NTT, Ayep mengaku senang dan siap untuk membagikan pengalamannya untuk masyarakat NTT, termasuk untuk budidaya kedelai dan proses produksi tempe.(Dis/WH/*)

Add Comment