a

Fraksi NasDem DPR Gelar Workshop untuk Tenaga Ahli

Fraksi NasDem DPR Gelar Workshop untuk Tenaga Ahli

JAKARTA (12 Januari): Fraksi Partai NasDem DPR RI mengadakan workshop bagi Tenaga Ahli (TA) Fraksi Partai NasDem DPR RI di Ruang Panja, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu-Kamis (12-13/1).

Narasumber dalam workshop tersebut di antaranya Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI Willy Aditya, Ketua Bidang Kerja Sama Legislatif DPP Partai NasDem, Atang Irawan, serta Kepala Badan Keahlian DPR RI, Inosentius Samsul.

Workshop tersebut bertujuan untuk mewujudkan TA yang terampil serta memahami tugas dan fungsinya dalam membantu tugas fraksi. Turunan materi yang diberikan pada workshop di antaranya legislative drafting, sistem perencanaan APBN, dan menyusun isu strategis fraksi untuk setiap sidang.

“Seluruh TA harus memahami tugas dan fungsinya. Legislative drafting misalnya, ini semua harus memahami mekanismenya. Jangan sampai tidak paham mekanisme pembentukan undang-undang di DPR,” ujar Willy Aditya dalam paparannya. 

Willy menegaskan, tugas dan fungsi TA memang cukup sentral untuk membantu tugas fraksi maupun tugas anggota DPR. Untuk itu keahlian dan pemahaman akan tugas serta fungsi seluruh TA harus terus ditingkatkan.

“Misalnya saja dalam mekanisme pembentukan UU, TA harus paham betul mulai dari mekanisme hingga isu dan subtansi dari sebuah rancangan undang-undang (RUU),” tukas Willy.

Selain menambah ilmu dan pengetahuan, para TA juga akan diberikan pemahaman tentang azas, teori dan kaidah legislative drafting naskah peraturan perundang-undangan, keterampilan dalam memahami dan menganalisis APBN, serta kemampuan menyerap aspirasi yang diterima fraksi.(Dis/*)

Add Comment