a

Yessy Ajak Masyarakat Wujudkan Indonesia Hijau

Yessy Ajak Masyarakat Wujudkan Indonesia Hijau

JAKARTA (10 Januari): Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Gerakan Sejuta Pohon yang jatuh pada 10 Januari, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Yessy Melania mengajak anak muda dan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama melestarikan lingkungan dan hutan.

“Melihat kondisi alam lingkungan yang terus tertekan akibat aktivitas manusia, perubahan iklim hingga bencana, tentu diperlukan perhatian, kepedulian dan aksi bersama bagi penyelamatan dan pelestarian lingkungan,” ujar Yessy, dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/1).

Yessy mengatakan, menjaga kelestarian lingkungan merupakan tugas dan kewajiban bersama.

“Tentu ini tugas dan kewajiban kita semua untuk menjadi pelopor hijau bagi lingkungan Indonesia. Pulihkan dan lestarikan alam lingkungan kita bagi generasi masa depan, generasi Indonesia maju,” tambahnya.

Yessy mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang telah mengambil kebijakan untuk mencabut ribuan izin hak penguasaan lahan negara, mencakup 2.078 izin perusahaan pertambangan minerba (mineral dan batu bara), 192 izin sektor kehutanan seluas 3.126.439 ha, dan izin hak guna usaha (HGU) perkebunan yang ditelantarkan seluas 34.488 ha.

“Tentu ini merupakan langkah dan kebijakan terukur yang baik bagi pemulihan dan pelestarian lingkungan, karena dicabut dengan alasan tidak menyampaikan rencana kerja dan ditelantarkan,” ujarnya.

Selain itu, Legislator NasDem dari Dapil Kalimantan Barat II (Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau, dan Melawi) itu mendorong perlindungan, pemulihan, pelestarian hingga pengembalian fungsi dan penguasaan hutan bagi masyarakat adat dan kelompok masyarakat hutan.

“Agar fungsi dan peran hutan dapat pulih serta memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat, generasi mendatang dan kesehatan bumi ke depan. Secara khusus Kalimantan bisa terus menjadi paru-paru dunia,” tandasnya.

Ia juga memberikan dukungan penegakan hukum bagi perusahaan perusak lingkungan, serta menuntut kewajiban perusahaan dalam melakukan tanggung jawab pemulihan lingkungan.

“Ayo kita bergerak bersama menghijaukan Indonesia melalui menanam pohon, di daerah perbukitan dan daerah aliran sungai (DAS), di daerah pesisir, mari kita tanam mangrove. Saya percaya jika semua bergerak menanam, Indonesia hijau dapat terwujud. Salam Adil dan Lestari,” pungkas Yessy.

(RO/Yesaya/Dis/*)

Add Comment