a

Eva Rataba Salurkan Beasiswa Pendidikan di SMKN 4 Tana Toraja

Eva Rataba Salurkan Beasiswa Pendidikan di SMKN 4 Tana Toraja

TORAJA (7 Januari): Anggota Fraksi NasDem DPR RI, Eva Stevany Rataba (ESR) kembali menyalurkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kemendikbud di SMKN 4 Tana Toraja, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Jumat (7/1).

Menurut ESR, bantuan pemerintah yang merupakan program kemitraan antara DPR RI dengan Kemendikbud RI melalui PIP kini terus dilakukan pengawalan dalam proses percepatan pencairan bagi pelajar penerima.

“Saya berharap pelajar penerima PIP agar dapat lebih bijak dalam penggunaan bantuan uang tunai tersebut. Tetap rajin dan semangat belajar dalam menggapai cita-cita,” kata ESR kepada nasdem.id.

Dalam kegiatan yang dihadiri wali murid penerima bantuan PIP, Dinas Pendidikan, Pemerintah setempat dan sejumlah guru dan siswa di sekolah tersebut, ESR berharap beasiswa PIP dapat membantu anak-anak bangsa terutama di Toraja meraih cita-citanya.

“Dananya harus digunakan untuk kebutuhan pendidikan, terutama untuk peningkatan mutu pendidikan sehingga bisa menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan bangsa dan negera nantinya,” kata dia.

Penyaluran bantuan PIP merupakan program aspirasi Eva Stevany Rataba selaku anggota DPR RI kepada peserta didik di sekolah negeri atau swasta untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK di wilayah Dapil Sulawesi Selatan III.

ESR mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan fokus dia terhadap dunia pendidikan, khususnya di Toraja. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Semoga penyaluran bantuan ini sedikit banyak dapat meringankan beban para orang tua atau siswa di masa-masa sulit ini. Pendidikan adalah jembatan emas menuju kemajuan bangsa dan negara,” harap ESR.

Dirinya menyampaikan secara simbolis kepada perwakilan penerima bantuan PIP di SMKN 4 Tana Toraja berupa buku tabungan dan dana didampingi Camat Makale Selatan Amos Rantepadang dan Kepala SMKN 4 Tana Toraja Berthyna Adherline Tukkeng.

Bertyna Adherline Tukkeng menambahkan, di awal tahun baru ini, dari tahun 2003 sekolah ini dibangun, baru kali ini di kunjungi oleh anggota DPR RI dan menjadi sejarah bagi sekolah mereka.

“Kehadiran ibu dewan menjadi berkat bagi kami, dan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu dewan atas perhatian dan perjuangan ibu dewan dalam memperjuangkan bantuan PIP bagi anak didik kami,” kata Bertyna, Kepala sekolah yang mendidik 458 siswa itu.

Di SMKN 4 Tana Toraja untuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 123 peserta didik yang menerima beasiswa PIP, terdiri dari PIP Jalur Aspirasi 38 peserta didik, dan PIP Reguler 85 peserta didik.

Selain program-program aspirasi di atas, di awal tahun 2022 ini, Eva Rataba juga telah menyerahkan bantuan lainnya berupa, bantuan sarana pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untukĀ  SMA Katolik Makale. (MEDCEN ESR/WH)

Add Comment