a

Perjuangan Horjani Hutagalung Terangi Kampung Sungai Tanjung

Perjuangan Horjani Hutagalung Terangi Kampung Sungai Tanjung

BATAM (5 Januari): Masyarakat Kampung Sungai Tanjung Gundap, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam akhirnya dapat merasakan penerangan listrik yang selama bertahun-tahun diimpikan. Secercah cahaya tersebut merupakan buah dari perjuangan tak kenal lelah dari seorang kader NasDem, Horjani Dewati Hutagalung.

Selama ini masyarakat Sungai Tanjung Gundap hanya dapat mengandalkan penerangan menggunakan mesin genset dengan mengandalkan dana swadaya masyarakat untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar. Sehingga tak jarang warga harus merasakan gelapnya malam tanpa penerangan listrik.

Hal ini terus berlanjut hingga akhirnya hadir seorang kader NasDem, Horjani Dewati Hutagalung di kampung Sungai Tanjung Gundap sekitar tahun 2019 lalu. Kedatangan Dewan Kode Etik Garnita NasDem Batam yang saat ikut mengikuti Pileg 2019 itu diantaranya untuk menyerap dan memperjuangkan aspirasi warga.

Saat itu warga menyampaikan kerinduan mereka kepada Horjani Dewati Hutagalung untuk dapat merasakan penerangan listrik dari PLN Batam di lingkungan tinggal mereka. Mendapat keluhan dari warga, Horjani pun memperjuangkan harapan tersebut.

Horjani pun berupaya dengan melakukan audiensi dengan Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Riau, yang kala itu masih dijabat oleh Kepala Dinas ESDM Amjon. Tak lama setelah kunjungan Horjani dengan dua orang warga Gundap ke Dompak, akhirnya beberapa orang dari pihak Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Riau langsung berkunjung untuk melakukan peninjauan ke Kampung Sungai Tanjung Gundap pada tahun yang sama.

Setelah melakukan peninjauan di lokasi Kampung Sungai Tanjung Gundap, diketahui pihak ESDM Provinsi Kepulauan Riau langsung melakukan koordinasi dengan pihak PLN Batam, untuk kelanjutan pemasangan jaringan listrik di Kampung Sungai Tanjung Gundap.

Akan tetapi pengusulan pemasangan jaringan listrik di Kampung Sungai Tanjung Gundap ini tidak berjalan mulus. Bahkan pengusulan pemasangan jaringan listrik di Kampung Sungai Tanjung Gundap sempat terhenti dengan berbagai kendala yang terjadi waktu itu.

Sehingga masyarakat Kampung Sungai Tanjung Gundap harus kembali bersabar menunggu dengan rentang waktu yang terbilang cukup lama. Akan tetapi perjuangan Horjani tidak terhenti sampai di situ. Dirinya terus membangun koordinasi dengan berbagai pihak demi untuk terwujudnya pemasangan jaringan listrik di Kampung Sungai Tanjung Gundap.

Bahkan Horjani Dewati Hutagalung diketahui terus berkoordinasi, baik kepada pihak bright PLN Batam, hingga berkoordinasi dengan Walikota Batam, HM Rudi.

Berkat perjuangan tanpa henti dari tokoh perempuan Kepri ini dan juga atas bantuan dari pemerintah Kota Batam dan juga pihak bright PLN Batam, akhirnya kerinduan warga Kampung Sungai Tanjung Gundap untuk menikmati jaringan listrik akhirnya dapat terwujud pada penghujung tahun 2021.

Atas keberhasilan Horjani Dewati Hutagalung memperjuangkan pemasangan jaringan listrik di Kampung Sungai Tanjung Gundap, warga Kampung Sungai Tanjung Gundap, mengucapkan rasa terimakasih yang tulus kepada Horjani.

Ucapan rasa terimakasih tersebut disampaikan warga kepada Horjani melalui pesan aplikasi WhatsApp, pada Rabu (5/1).

Assalamualaikum, selamat siang salam sejahtera untuk kita semua. Bu kami dari Sungai Tanjung Gundap mengucapkan terimakasih kepada ibu beserta tim. Karena kerja keras dari ibu dan juga tim, dari sejak hari Rabu (29/12/2021) Musholla Al Hijrah kami sudah terang,” tulis perwakilan warga Kampung Sungai Tanjung Gundap kepada Horjani.

Lebih lanjut perwakilan warga tersebut menyampaikan, rasa ketidak percayaannya atas terpasangnya jaringan listrik di lingkungan Kampung kecil mereka.

“Desa kecil kami sudah terang, kami tidak menyangka desa kecil di hutan bisa terang. Sekali lagi kami ucapakan terimakasih banyak, kami doakan semoga Allah SWT memudahkan segala pekerjaan dan urusan ibu, amin. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua, amin,” tulis warga tersebut dengan sangat tulus.

Mendapat pesan tersebut, Horjani Dewati Hutagalung yang saat ini diketahui sedang berada di Jakarta pun berjanji akan segera berkunjung ke Kampung Sungai Tanjung Gundap.

“Doa Bapak dan masyarakat Gundap juga kerja serta upaya kita di ridhoi Tuhan Pak. Semoga masyarakat bisa beribadah dengan nyaman dan lingkungan sekitar juga nyaman,” kata dia.

Menurut Horjani, semua hasil dari perjuangan tersebut adalah anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa. Dia pun sangat rindu dengan Gundap sehingga ingin segera hadir di sana.

“Salam untuk semua warga Gundap dari saya, insyaallah sekembali saya dari Jakarta saya akan berkunjung ke Gundap untuk minum kopi bersama, wasallam Horjani Dewati Hutagalung,” tutup Horjani.

(WH)

Add Comment