a

Eva Yuliana Salurkan KIP Kuliah ke Mahasiswa UNU Surakarta

Eva Yuliana Salurkan KIP Kuliah ke Mahasiswa UNU Surakarta

SURAKARTA (5 Januari): Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Yuliana, Selasa (4/1) menyerahkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada 16 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

“Kami punya sejarah dengan UNU Surakarta. Kali ini kami mendukung dengan memberikan akses produk bantuan untuk UNU dan mahasiswa UNU. Ada 16 beasiswa KIP Kuliah,” kata Eva saat penyerahan beasiswa.

Legislator NasDem itu menjelaskan, KIP Kuliah tersebut merupakan program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

“Ini program pemerintah, kami anggota DPR RI sebagai wasilah kepada yang berhak,” jelasnya.

Ia berharap beasiswa semacam itu bisa menjangkau lebih banyak mahasiswa. Menurutnya, ini akan sangat membantu untuk biaya pendidikan para mahasiswa kurang mampu.

“Penerima beasiswa KIP Kuliah, jadilah mahasiswa yang kreatif, duduk belajar itu tidak cukup. Berkreasi dan berinovasi sesuai hobi, bisa menjadi bekal masa depan,” tutup Legislator NasDem dari Dapil Jateng V (Klaten, Sukoharjo, Boyolali, dan Kota Surakarta) tersebut.

Rektor UNU Surakarta, Mufrod Teguh Mulyo mengungkapkan kebahagiaannya atas dukungan yang diberikan Eva Yuliana untuk kemajuan UNU Surakarta.

“Selain beasiswa KIP yang mengcover biaya SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) dan living cost juga ada beasiswa UKT (Uang Kuliah Tunggal). Untuk KIP tahun ini kami menerima alokasi total 49 beasiswa dan untuk UKT sebanyak 215 kuota untuk biaya SPP saja,” tandas Rektor UNU.

KIP Kuliah merupakan beasiswa yang mengcover mahasiswa dalam mengarungi perkuliahan, mulai dari biaya kuliah/SPP selama delapan semester, hingga biaya hidup mahasiswa selama masa perkuliahan. Sementara beasiswa UKT adalah bantuan untuk membayar biaya kuliah/SPP tiap semester.(RO/*)

Add Comment