a

Mbah Bardi Dorong Petani Milenial Manfaatkan Potensi Pertanian

Mbah Bardi Dorong Petani Milenial Manfaatkan Potensi Pertanian

BANTUL (24 Desember): Ketersediaan lahan pertanian serta bonus demografi yang melimpah menjadi perhatian dari Anggota DPR RI Fraksi NasDem, H. Subardi. Dia mendorong akselerasi pertumbuhan petani milenial untuk memanfaatkan potensi pertanian yang ada.

Hal tersebut disampaikan politisi yang lebih akrab disapa Mbah Bardi itu dalam kunjungan ke Padukuhan Jolosutro, Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul Kamis (23/12). Mbah Bardi hadir langsung guna melihat perkembangan pertanian di daerah tersebut.

“Bersama Pak Dukuh, kami melihat budidaya tanaman pisang kavendis, ternak ayam dan budidaya ikan lele,” kata Mbah Bardi.

Menurut Mbah Bardi, cara budidaya yang dilakukan warga di sana sangat unik. Seperti ayam dan lele misalnya yang diberi makan menggunakan sisa makanan warga dengan sedikit campuran maggot.

“Sementara tanaman pisang dipupuk dengan kotoran ayam lalu disiram menggunakan air bekas kolam lele. Hasilnya bagus, efisien dan warga lebih produktif,” tambah dia.

Untuk itu, dengan melihat potensi yang ada, Mbah Bardi mengaku sangat termotivasi terutama bersama para generasi muda agar dapat terus mengembangkan industri pertanian di sektor ini.

Mbah Bardi yakin apabila generasi muda dapat diarahkan menjadi petani milenial yang diharapkan mampu berinovasi serta memiliki gagasan kreatif sehingga dapat bersaing di bidang teknologi pertanian.

“Saya dorong Pak Dukuh bentuk kelompok petani milenial agar potensi ini terus berlanjut. Yang jelas, aspirasi warga Jolosutro saya kawal ke Kepala Dinas Pertanian Bantul dan juga ke Pak menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo,” kata dia.

(WH)

Add Comment