a

Subardi Resmikan Balai Masyarakat di Yogyakarta

Subardi Resmikan Balai Masyarakat di Yogyakarta

YOGYAKARTA (19 Desember): Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, Subardi meresmikan Balai Masyarakat di Kampung Sayidan, Kalurahan Prawirodirjan, Kemantren, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY, Minggu (19/12).

Balai Masyarakat tersebut merupakan program aspirasi Partai NasDem melalui Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Dwi Candra Putra. Hadir pula dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi.

Subardi berpesan kepada masyarakat agar Balai Masyarakat yang difungsikan sebagai Balai RW (Rukun Warga) tersebut dijadikan sebagai ruang silaturahmi dan ruang harmoni antarmasyarakat.

“Seperti warna catnya, yakni warna biru. Warna yang memberikan kedamaian dan keindahan seperti halnya laut dan langit yang cerah,” kata Mbah Bardi, sapaan akrab Subardi.

Anggota Komisi III DPR RI itu mengapresiasi soliditas Fraksi Partai NasDem DPRD Kota Yogyakarta hingga melahirkan program-program aspirasi yang konkret. Ia berharap kinerja Fraksi Partai NasDem Kota Yogyakarta semakin produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pada acara tersebut Subardi yang juga Ketua DPW Partai NasDem DIY itu sekaligus menyerahkan bantuan uang tunai kepada masyarakat Sayidan.

“Kehadiran anggota Dewan harus memberikan manfaat. Apapun bentuk aspirasinya, dikawal dan direalisasikan. Saya apresiasi program ini. Kita di Partai NasDem terus berjuang dengan politik kemanusiaan,” kata Mbah Bardi, Legislator NasDem dari Dapil DIY tersebut.

Bagi Dwi Candra, pembangunan Balai RW itu merupakan program aspirasinya hasil kerja sama dengan Pemerintah Kota. Menurutnya, sejak lama masyarakat Sayidan ingin memiliki balai untuk kegiatan sosial. Namun persoalan anggaran hingga lahan yang tidak siap, membuat pembangunan Balai Masyarakat tak kunjung terlaksana.

“Saya di Komisi A DPRD Kota Yogyakarta serius mengawal program ini. Pokoknya harus bisa, masyarakat sudah lama menunggu punya balai. Alhamdulillah, kini sudah terlaksana dengan bantuan APBD Perubahan. Kalau dihitung prosesnya dari awal bangun hingga selesai sekitar 45 hari. Mirip kisah Bandung-Bondowoso,” cerita Candra sembari tersenyum.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berharap keberadaan Balai Masyarakat menjadi berguna untuk program pemberdayaan sosial.

“Balai Masyarakat ini akan bermanfaat untuk program-program pemberdayaan sosial, terutama di bidang ekonomi. Pemkot akan fokus pada upaya pemulihan sektor ekonomi yang kini mulai menggeliat,” kata Heroe.

Balai Masyarakat tersebut ke depan akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sosial, di antaranya PKK, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), posko keamanan, dan pertemuan-pertemuan warga. Kegiatan ekonomi kreatif maupun kegiatan bertema kesehatan juga akan dipusatkan di sini. Pengelolaannya pun dilakukan swadaya oleh masyarakat.(NK/*)

Add Comment