a

NasDem Jepara Garap Empat Hektar Sawah Bareng Warga

NasDem Jepara Garap Empat Hektar Sawah Bareng Warga

JEPARA (19 Desember): DPD NasDem Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meluncurkan program inovasi pertanian melalui Gerakan NasDem menanam padi di sawah aset Desa Batu Kali, Kecamatan Kalinyamatan, seluas empat hektar. Nantinya hasil panen sawah tersebut akan dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Pratikno, mengatakan, sawah aset Desa Batu Kali itu akan dikelola melalui mekanisme sewa selama tiga tahun ke depan untuk ditanami padi.

“Hari ini kita tanam di empat hektar sawah. Nanti hasilnya kami berikan kepada masyarakat. Ini salah satu langkah kami dalam ikut menjaga ketahanan pangan,” kata Pratikno melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, (18/12).

Masih kata Pratikno, selain bibit padi, Partai NasDem juga melakukan penanaman sejumlah bibit tanaman buah yang disebar di beberapa titik di Desa Gerdu. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Desa Batukali.

“Dulu Desa Gerdu itu terkenal dengan desa penghasil buah belimbing. Sekarang pohonnya saja sudah jarang, makanya kami ingin mengembalikan lagi ikon itu,” kata Pratikno.

Lebih jauh Praikno mengatakan, Gerakan NasDem Menanam ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan. Menurut dia pemilihan jenis padi dipilih lantaran beras menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

“Bukan tidak mungkin nanti kami akan menyewa lahan di tempat lain. Terutama di dapil-dapil (daerah pemilihan, red) kami yang lain. Karena kedaulatan pangan ini memang harus kita galakkan,” pungkas dia.

(WH)

Add Comment