a

GP NasDem Serahkan Ribuan Kantong Darah dan Plasma Konvalesen

GP NasDem Serahkan Ribuan Kantong Darah dan Plasma Konvalesen

JAKARTA (17 Desember): Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah & Plasma Jilid II (PSP BERDERMA II), berhasil mengumpulkan 6.639 pendonor, dimana sebanyak 84 persen diantaranya yang berhasil tersalurkan sebanyak 5.559 kantong darah. Dari 5.559 total donor tersebut, pendonor darah biasa sejumlah 5.283 serta pendonor plasma konvalesen sebanyak 276.

Kegiatan PSP BERDERMA ini sendiri bertujuan untuk membantu PMI dan masyarakat Indonesia, khususnya yang memerlukan donor darah dan plasma. Mengingingat sejak pandemi Covid-19 melanda terjadi penurunan jumlah pendonor darah yang sangat signifikan, sedangkan kebutuhan akan donor darah tetap tinggi.

Secara total keseluruhan dengan hasil yang diberikan PSP BERDERMA I, GP NasDem telah berkontribusi mengumpulkan 7.734 kantong darah biasa dan 513 kantong plasma konvalesen. Kegiatan yang diadakan GP NasDem itu sendiri digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2021 lalu.

Dalam implementasinya, DPP Garda Pemuda (GP) NasDem mengarahkan seluruh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) di seluruh Indonesia untuk menggelar PSP BERDERMA II secara serentak. PSP BERDERMA II ini merupakan kelanjutan kegiatan kemanusiaan PSP BERDERMA I yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 lalu.

“Di tengah absensi peran kepemudaan, GP NasDem hadir melalui  PSP BERDERMA sebagai bentuk misi kemanusiaan, untuk kemanusiaan, dan demi kemanusiaan,” kata Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh, saat membuka kegiatan PSP BERDERMA AWARD II, beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi I DPR RI itu menjelaskan, dari catatan PMI, GP NasDem menjadi satu-satunya organisasi kepemudaan yang sukses mendonorkan plasma konvalesen.

“Maka dari itu, penghargaan ini kami berikan untuk menstimulasi  DPW-DPW agar lebih giat lagi bergerak membantu masyarakat Indonesia,” jelasnya.

PSP BERDERMA Award II sendiri membagi tujuh kategori penghargaan. Untuk kategori pendonor darah terbanyak diraih DPW GP NasDem Sumatera Utara, diikuti DPW GP NasDem Kalimantan Timur dan DPW GP NasDem Jawa Barat. Kemudian untuk kategori pendonor darah konvalesen terbanyak diraih DPW GP NasDem Jawa Tengah, kemudian dikuti DPW GP NasDem Jawa Timur dan GP NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan itu diselenggarakan di 30 Provinsi di Indonesia. Diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi,  Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, JawaTimur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat. (RO/Y-7)

 

Add Comment