a

Tepat Sebelum Erupsi Susulan, Relawan NasDem Kembali Temukan Korban

Tepat Sebelum Erupsi Susulan, Relawan NasDem Kembali Temukan Korban

LUMAJANG (16 Desember): Tim Baret NasDem yang tergabung dalam Tim SAR gabungan kembali berhasil menemukan satu lagi korban meninggal akibat Awan Panas Guguran (APG) Semeru, Kamis (16/12). Korban ditemukan di Dusun Curahkobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

“Dalam pencarian hari ini kami bersama SAR gabungan menemukan satu lagi korban yang sudah dalam bentuk kerangka,” ujar Ketua Garda Pemuda NasDem Lumajang, Miky Candra Hidaseptian, yang ikut serta dalam pencarian.

Sayangnya tak lama setelah penemuan korban, proses pencarian harus dihentikan karena luncuran awan panas guguran (APG) terjadi pada pukul 09.01 WIB.

Hingga hari ini, Baret GP NasDem Lumajang dan Jember masih menyiagakan total 21 personel di Posko Sumbermujur untuk membantu pengungsian dan proses evakuasi.

Di tempat terpisah, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Lumajang, Haji Charles Meikyansah (HCM) menegaskan, tim gabungan Baret Rescue GP NasDem akan terus bertahan di posko yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

“Tidak ada kata selain kerja keras dan kerja-kerja kemanusiaan, ini harus diselesaikan sampai garis akhir,” kata HCM, yang juga anggota DPR RI Fraksi NasDem Dapil Lumajang-Jember itu.

Kerja keras relawan NasDem dalam operasi evakuasi korban erupsi Semeru hingga hari ini juga tak lepas dari kekompakan Tim Baret NasDem yang terdiri dari Baret NasDem dari Jember dan Lumajang dibantu oleh tim dari Jateng, dan SARDOG dari Malang.

“Basarnas kemarin memutuskan untuk memperpanjang masa kedaruratan hingga hari ini. Karena hal ini dinamis apakah hal ini akah dilanjutkan untuk rehabilitasi di lokasi,” ujar Ketua Garda Pemuda (GP) NasDem Jember, David Handoko Seto.

Tak hanya melakukan evakuasi pada warga terdampak, SRU Baret NasDem yang dibantu oleh tim lain turut mengevakuasi binatang dan hewan ternak warga.

“Harapannya, kekompakan teman-teman dari SRU Baret NasDem yang bersinergi Saat melakukan aktivitas jangan lupa untuk menggunakan APD Lengkap. Kami harap teman-teman juga melakukannya dengan ikhlas tanpa tendensi apapun,” ujar David berharap.

(Nasdem Jateng)

Add Comment