a

Gobel Raih Award Pimpinan DPR Paling Aspiratif

Gobel Raih Award Pimpinan DPR Paling Aspiratif

JAKARTA (15 Desember): Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rachmad Gobel, meraih anugerah KWP (Koordinatoriat Wartawan Parlemen) Award 2021 sebagai pimpinan DPR paling aspiratif.

“Saya mengucapkan terima kasih atas anugerah ini. Ini menjadi bahan introspeksi bagi saya untuk menjadi lebih baik lagi. Anugerah ini menjadi amanah dan juga motivasi bagi saya,” kata Gobel, di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/12).

KWP Award adalah anugerah yang diberikan oleh Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP). Penganugerahan itu diberikan di Media Center DPR RI dan dilakukan secara daring dan luring.

Ada empat kategori anugerah, yaitu kategori pimpinan DPR, alat kelengkapan DPR, anggota DPR, dan fraksi di DPR.

Untuk kategori pimpinan DPR, ada empat award, yaitu Srikandi Inspiratif, Terpopuler, Aspiratif, serta kategori Humanis dan Demokratis. Gobel meraih award paling aspiratif.

Dalam sambutannya, Gobel menyampaikan, pers adalah mitra strategis parlemen serta merupakan pilar keempat demokrasi.

“Pers adalah cahaya bagi kehidupan umat manusia. Karena itu, tanpa pers, maka wakil rakyat menjadi kurang bercahaya. Dengan adanya pers, DPR menjadi bercahaya. Cahaya pers lah yang menyinari dunia,” katanya.

Karena itu, Legislator NasDem itu mengajak pers untuk memerangi hoaks.

“Hoaks itu merugikan kita semua. Kita harus memerangi hoaks yang membuat resah masyarakat. Hidup tanpa hoaks akan menjadi lebih produktif,” katanya.

Apalagi, tambahnya, pada 2022 nanti Presiden Jokowi dipercaya memimpin G20. Hal itu makin membawa optimisme Indonesia dalam masalah ekonomi.

Gobel mengapresiasi kegiatan penganugerahan oleh KWP karena hal itu akan menjadi pengingat pada parlemen untuk bekerja sebaik-baiknya.

“Menjadi anggota parlemen berarti siap mengabdi untuk rakyat, menyerap dan menjaring aspirasi rakyat, memperjuangkan aspirasi rakyat, melakukan pengawasan terhadap pemerintah, serta memberikan pendampingan dan pembelaan terhadap nasib rakyat,” katanya.

Menurut Legislator NasDem dari Dapil Gorontalo itu, masih banyak agenda perjuangan bangsa yang harus dituntaskan oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk oleh pers.

Pangi Syarwi Chaniago, pendiri Voxpol Center Research and Consulting, yang menjadi konsultan KWP Award, menyampaikan kinerja DPR periode kali ini mengalami peningkatan.

“Trend-nya positif, sebagai salah satu lembaga negara yang dipercaya publik. Ini berkat kinerja anggota dan pimpinan DPR yang mampu menyampaikan kerjanya ke publik. Membangun dari distrust menjadi trust. Pemberian award oleh KWP ini merupakan hal yang bagus,” katanya, saat memberikan pengantar dalam acara tersebut.

(Nasihin/*)

Add Comment