a

Martin Dukung Penyelesaian Proyek Strategis Antam

Martin Dukung Penyelesaian Proyek Strategis Antam

JAKARTA (14 Desember): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung mendukung PT Aneka Tambang Tbk (Antam) untuk menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) nya.

Legislator NasDem itu menambahkan, PSN Antam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pembangunan Indonesia.

“Antam harus menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional yang masih memiliki beberapa kendala. Kami siap memberikan dukungan kepada Antam supaya progres dari proyek-proyek strategis nasional bisa lebih baik ke depan,” kata Martin Manurung dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin, (13/12).

Martin menilai besarnya proyek-proyek dari Antam perlu mendapatkan dukungan, baik dari DPR maupun pihak lain. Menurutnya, dukungan itu sangat penting mengingat progres proyek-proyek strategis nasional BUMN secara umum masih lambat.

Hal itu setidaknya dapat dilihat dari masih lambatnya BUMN dalam melakukan investasi yang berdampak pada rendahnya profit bagi negara.

“Harus ada QPI (Quality Performance Indicators/indikator kualitas kinerja) yang terkait dengan Return on Invested Capital (Pengembalian Modal yang Diinvestasikan). Jadi bukan hanya sekarang profitnya bisa dilaporkan tinggi, tapi sebenarnya masih kurang agresif melakukan investasi. Padahal misalnya di proyek-proyek tersebut sudah membutuhkan progres yang lebih cepat, apalagi kalau ada PSN,” urainya.

Martin menambahkan Komisi VI DPR ingin BUMN, termasuk Antam tidak sekadar mempertahankan besarnya keuntungan, tetapi juga bisa mengoptimalkan keuntungan tersebut.

“Agar keuntungan lebih optimum, misalnya dengan menjadikan sebagian dari keuntungan itu sebagai invested capital,” pungkas Legislator NasDem dari Dapil Sumatera Utara II (Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Nias Selatan, Samosir, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, dan Nias Barat) itu.

Seperti diketahui, Antam memiliki beberapa PSN, di antaranya hilirisasi nikel melalui proyek pembangunan smelter feronikel di Halmahera Timur (Haltim). Selain itu, saat ini Antam sebagai anak usaha holding pertambangan BUMN atau Mining Indonesia Industry (MIND ID) berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Ketiganya membentuk holding Indonesia Battery untuk mengembangkan fasilitas produksi dan pengolahan baterai kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu ke hilir.(RO/*)

Add Comment