a

Yessy Melania Apresiasi Peran Kelompok Pecinta Alam Jaga Taman Nasional Merapi

Yessy Melania Apresiasi Peran Kelompok Pecinta Alam Jaga Taman Nasional Merapi

YOGYAKARTA (12 Desember): Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Yessy Melania mengapresiasi pola kemitraan konservasi yang melibatkan semua pihak, termasuk di dalamnya kelompok masyarakat pecinta alam. Menurut dia upaya-upaya penyelamatan dan pelestarian alam memang harus terus dilakukan semua pihak.

“Perlu diapresiasi, pola kemitraan konservasi dengan pelibatan masyarakat di sekitar kawasan,” kata Yessy saat melakukan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Taman Nasional Gunung Merapi dan mendiskusikan tentang Kemitraan Konservasi, Sabtu (11/12).

Perempuan kelahiran 16 Juni 1989 itu menambahkan, sebagai salah satu upaya pemberdayaan dan dukungan kepada masyarakat sekitar kawasan dapat dilakukan dengan terus diadakan bioprospeksi terhadap tanaman di dalam dan sekitar kawasan. Hal tersebut kata Yessy harus dilakukan secara kolaboratif.

“Bioprospeksi yang menghasilkan produk-produk kesehatan, kecantikan, dan pupuk untuk pertanian perlu dukungan dan kolaborasi semua pihak,” tambah legislator dari Dapil Kalbar II yang meliputi daerah Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Melawi itu.

Yessy yang juga Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Kalbar itu menambahkan, guna memaksimalkan hasil bioprospeksi diperlukan kajian lebih lanjut dan legalitas produk yang wajib dilakukan agar masyarakat di sekitar kawasan bisa terus meningkatkan potensi dan produktivitasnya. Dia pun berpesan agar upaya penangkaran terus ditempuh.

“Selain itu upaya penyelamatan tanaman-tanaman langka (penangkaran) di Taman Nasional Gunung Merapi juga terus dilakukan, salah satunya oleh Forum Pecinta Lingkungan PALEM (Pecinta Alam Lereng Merapi),” pungkasnya.

(WH)

Add Comment