a

NasDem Ingin Koalisi dengan Parpol Yang Mau Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

NasDem Ingin Koalisi dengan Parpol Yang Mau Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

LABUAN BAJO (12 Desember): Menjelang pesta demokrasi 2024, Partai NasDem berkeinginan untuk membangun koalisi bersama dengan Partai Politik (Parpol) yang sejalan dan searah dengan pembangunan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Langkah tersebut dilakukan untuk menjaga keberlangsungan atau kontinuitas upaya pembangunan yang selama ini sudah dicapai.

“NasDem tentu mempunyai persyaratan utama, yaitu kontinuitas pembangunan nasional,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai NasDem, Johnny G Plate, di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (11/12) malam.

NasDem, tegas Johnny, ingin memastikan kontinuitas pembangunan nasional dapat tercapai dengan baik karena perjuangan ini demi kemaslahatan dan kesejahteraan rakyat, bukan sekadar sirkulasi dan pergantian kepemimpinan semata. Melainkan kontinuitas pembangunan yang menuju pada pembangunan yang jauh lebih bagus.

“Kita akan menentukan kriteria pemimpin yang mampu meneruskan kontinuitas pembangunan yang landasannya sudah diletakkan dengan baik oleh pemerintahan Pak Joko Widodo dan Kyai Ma’ruf Amin, serta Pak Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam dua periode pemerintahan,” terangnya.

Bagaimana mencari pemimpinnya? Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) itu membeberkan jika Partai NasDem telah menyampaikan gagasan konvensi sebagai salah satu model rekrutmen pemimpin nasional. Tetapi, ujar Johnny, konvensi hanya dilakukan jika terpenuhinya prasyarat dasar yaitu presidensial threshold atau ambang batas pencalonan pasangan presiden dan wakil presiden.

Namun demikian, tambah Johnny, proses untuk mencari figur pemimpin masa depan masih cair dan dinamis. NasDem pun terus membangun komunikasi politik baik dengan parpol maupun organisasi masyarakat.

“Terkait dengan figur calon, itu proses politik yang dinamis, karena itu sekali lagi akan dilihat dalam tahapan-tahapan konfigurasi politik,” imbuh Johnny.

Mantan anggota Komisi XI DPR ini juga menegaskan komitmen manifesto politik Partai NasDem untuk menjaga nilai-nilai demokrasi yang ada saat ini.

Partai NasDem sebagai garda dan pengawal sirkulasi demokrasi Indonesia melalui keikutsertaannya dalam kontestasi pemilihan umum legislatif 2024, pemilihan presiden 2024, dan pemilihan kepala daerah 2024.

Sejauh ini, jelas Johnny, NasDem telah mengambil bagian dalam dua kali pemilihan legislatif dan pemilihan presiden serta serangkaian pemilihan kepala daerah yang hasilnya sukses menggembirakan. Untuk itu, rapat koordinasi wilayah yang tengah dilakukan NasDem di berbagai daerah akan melakukan evaluasi detail untuk menentukan arah dan strategi operasional politik. (RN)

Add Comment