a

Kolaborasi Dewan Pakar NasDem Sukabumi untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Kolaborasi Dewan Pakar NasDem Sukabumi untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

CIANJUR (12 Desember): Dewan Pakar NasDem Sukabumi yang juga Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), H. Ayep Zaki terlibat langsung dalam upaya meningkatkan Ketahanan Pangan. Upaya ini dilakukan bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI yang akan melaksanakan budidaya Tanaman Stevia, di Lahan Bela Negara, di Kampung Cipejeh, Desa Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ayep Zaki yang aktif sebagai Komisi Perberdayaan EKonomi Ummat MUI Pusat itu menjelaskan, untuk mensukseskan Program Budidaya Stevia di Kabupaten Cianjur pihaknya telah mengadakan kerjasama oprasional (KSO) dengan barisan Patriot Bela Negara.

“Kita dari Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) mengadakan KSO Kerjasama Operasional bersama Barisan Patriot Bela Negara, yaitu H. Dadeng, untuk mensukseskan Penanaman Budidaya Stevia,” kata Ayep Zaki melalui keterangan tertulisnya, Minggu (12/12).

Sebagai tambahan informasi, menurut Ayep Zaki bahwa nantinya pada pelaksanaan program ini tak hanya terfokus pada tanaman jenis Stevia, namun juga pada jenis komoditi lain yang memang diperlukan masyarakat.

“Namun bukan hanya Stevia saja tetapi ada enam komoditi, salah satunya adalah Singkong dan ada Porang juga dan lain-lain,” tambah dia.

Stevia, diterangkan Ayep Zaki merupakan salah satu jenis tanaman pengganti tebu, yang tingkat kesehatannya sangat aman dari penyakit diabetes. Nantinya program semacam ini kata Ayep Zaki akan terus tersebar ke seluruh wiayah Indonesia. Sementara untuk jenis komoditi di tiap lokasi akan menyesuaikan cuaca dan kultur tanah.

“Dan perlu saya sampaikan bukan hanya di Cianjur tetapi juga akan ada di Sukabumi dan seluruh kabupaten yang ada di wilayah Jawa barat yang mempunyai lahan, karena Badan Cadangan Logistik Strategis (BCLS) ini memerlukan tanah kurang lebih satu juta hektar dengan jumlah enam miliar bibit stevia, dan satu juta hektar itu untuk target lahan di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Itjen Kemhan, Brigjen Yos Trioso, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah dari Kegiatan Cadangan Logistik Strategis. Menurutnya, kegiatan itu diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan.

“ini merupakan satu langkah dari kegiatan cadangan logistik strategis yang ditenggarai oleh kementerian pertahanan bahwa Kemenhan itu bertanggung jawab pada ketahanan pangan, di mana regulasi tentang ketahanan pangan, kegiatan pertanian di lingkungan masyarakat itu saat ini sedang digalakkan dalam rangka memberikan satu nilai lebih kepada daerah setempat,” kata Yos Trioso.

Dia pun merasa bersyukur karena upaya meningkatkan ketahanan pangan kali ini terus mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk bekerja sama dengan pemerintah baik itu pusat, daerah dan para stakeholder yang akan menjalankan kegiatan, kususnya dalam menjalankan penanaman perkebunan Stevia.

“Oleh karena itu kami bersama anggota DPRD Kabupaten Cianjur akan segera melakukan kegiatan ini, agar kegiatan ini segera terealisasi secepat mungkin dan masyarakat akan segera mungkin dapat melahirkan satu kegiatan yang bermanfaat bagi Mereka sendiri juga bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

(WH)

Add Comment