a

Hari Ke Enam Evakuasi, Tim Rescue NasDem Terus Sisir Desa Terdampak Erupsi Semeru

Hari Ke Enam Evakuasi, Tim Rescue NasDem Terus Sisir Desa Terdampak Erupsi Semeru

LUMAJANG (9 Desember): Memasuki hari ke-enam, tim SAR gabungan dari berbagai komunitas terus menyusuri desa-desa terdampak erupsi Semeru. Penyusuran dan penyisiran termasuk yang dilakukan Tim Badan Rescue NasDem.

Koordinator Badan Rescue NasDem Jateng, Dono Iswadi, menjelaskan, Badan Rescue NasDem Jateng masuk dalam Search Rescue Unit (SRU) 1 yang melaksanakan pencarian korban di Dusun Kajar Kuning dan Dusun Curah Kobokan.

“Evakuasi hari ke-enam kita masih di Desa Curah Kobokan karena di lereng Semeru sebelah sana sudah penuh hari ini, karena banyak sekali relawan datang. Kita mengambil posisi yang beda,” kata Dono Iswadi, seperti dilansir jateng.nasdem.id, Kamis (9/12).

Bersama relawan lainnya, Tim Badan Rescue NasDem Jateng menyusuri sebuah desa yang sudah kosong ditinggalkan warga. Dono pun sempat mengirimkan video suasana sekitar yang sudah lengang serta tanah yang sudah tertimbun material erupsi di desa tersebut.

“Sekarang kami di Desa Supiturang dengan temen-temen NasDem. Ini kita lihat posisinya di sana kosong, desa sini sudah kosong. Kita akan menyisir, semoga tak ada korban. Tapi memang jika ada korban kita akan menolongnya. Salam tangguh Badan Rescue NasDem Jateng!” kata Dono.

Jika dalam penyisirannya tim rescue menemukan korban, maka akan langsung dievakuasi menuju RSUD Lumajang untuk penanganan lebih lanjut. Sejak operasi berlangsung, Tim NasDem Jateng bersama Baret NasDem Lumajang telah mengevakuasi korban meninggal serta membantu warga sekitar.

NasDem Jateng sendiri mendelegasikan lima anggota badan rescue bersertifikat untuk membantu para korban erupsi Semeru. Tim rescue NasDem Jateng bergabung dengan tim rescue NasDem lainnnya, seperti dari tim rescue NasDem Lumajang, Malang, Yogyakarta, dan lain-lain.

Hingga Rabu malam kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyebutkan sebanyak 39 orang meninggal akibat erupsi Gunung Semeru. (jateng.nasdem.id)

Add Comment