a

Rapsel Ali Usulkan NTT dan Sulsel Jadi KEK Industri Peternakan

Rapsel Ali Usulkan NTT dan Sulsel Jadi KEK Industri Peternakan

JAKARTA (8 Desember): Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Muhammad Rapsel Ali mengusulkan kepada pemerintah agar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk industri peternakan. Dia menilai potensi terbaik ada di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sejauh ini, kata Rapsel yang juga Ketua Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) itu, Indonesia sudah memiliki setidaknya 19 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 12 sudah beroperasi sementara tujuh lainnya masih dalam proses pembangunan.

Wilayah NTT dan Sulsel diakui Anggota Komisi VI DPR itu memiliki segudang potensi yang seharusnya bisa ditetapkan sebagai salah satu KEK. Khususnya dalam rangka mendukung pengembangan industri strategis nasional.

“Kalau kita lihat dari potensi kedua daerah ini dan pengembangan industri strategis nasional, maka seharusnya kita menetapkan satu Kawasan Ekonomi Khusus industri peternakan di Sulawesi Selatan atau di NTT,” kata Rapsel, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (7/12).

Masih kata Rapsel, wilayah NTT sejak dulu memang sudah dikenal sebagai lumbung ternak nasional. Pada masa lalu, NTT bahkan pernah berjaya di bidang ternak dengan memasok sapi hingga ke mancanegara.

Sementara itu untuk wilayah Sulsel saat ini terus menggenjot hasil peternakan untuk menjadi lumbung daging nasional. Target itu kata dia, didukung lahan yang sangat luas dan potensialĀ  untuk pengembangan peternakan.

“Jadi bukan hanya membangun kawasan food estate (Industri Pertanian) maupun fish estate (Industri Perikanan), tapi juga harus disiapkan cattle estate (Industri Peternakan),” pungkas dia.

(WH)

Add Comment