a

Dampingi Mentan, HCM Pastikan Proses Evakuasi Erupsi Semeru Berjalan Maksimal

Dampingi Mentan, HCM Pastikan Proses Evakuasi Erupsi Semeru Berjalan Maksimal

LUMAJANG (7 Desember): Setelah Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan anggota Komisi XI DPR RI, Haji Charles Meikyansah (HCM) mengunjungi Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12).

Mentan menyambangi pengungsi yang berada di posko dan menyaksikan langsung upaya penanganan pasca kejadian bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang dilakukan oleh pemerintah, pelaku usaha serta masyarakat.

“Banyak saudara-saudara kita yang harus dievakuasi, harus kita selamatkan nyawanya sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Menurut Syahrul, bukan hanya manusia yang harus diselamatkan, tapi juga makhluk hidup lain, seperti tanaman dan hewan ternak, yang  juga harus diperlakukan sama.

“Kita tadi sudah sepakat untuk membuat kandang pengungsian terpusat dan ada juga spot-spot di beberapa tempat, yang nantinya masih dalam kendali kita,” katanya.

SYL menambahkan, seluruh pengendalian yang berkaitan dengan tiga agenda Kementerian Pertanian akan dipusatkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

“Agenda pertama, yaitu agenda darurat seperti yang dilakukan hari ini. Agenda berikutnya berupa agenda temporary, menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan, kemudian melakukan recovery, apa yang bisa ditanam. Agenda ketiga, yaitu agenda permanen, perbaikan irigasi dan yang lainnya,” imbuh Mentan.

Pada kunjungan tersebut, secara simbolis Mentan memberikan bantuan, benih jagung, benih padi, bibit kopi Arabika untuk 847 hektare. Bantuan ternak berupa sapi dan kambing sejumlah 174 ekor, serta rumput, pakan ternak, konsentrat dan obat-obatan.

Selain itu, masyarakat terdampak mendapatkan bantuan berupa traktor roda empat, traktor roda dua dan hand sprayer.

Dalam wawancara terpisah, anggota DPR RI Fraksi NasDem Dapil IV Jawa Timur (Jember & Lumajang), Haji Charles Meikyansah mengaku turut prihatin atas musibah yang terjadi di Lumajang.

“Ini semua tidak lain dan tidak bukan adalah bentuk keprihatinan kita semua terhadap masyarakat Lumajang yang hari ini harus tabah menghadapi bencana erupsi Semeru,” kata Charles.

Melalui elemen DPD NasDem dan Garda Pemuda NasDem Lumajang, alumnus HI Universitas Jember ini akan mengawal proses evakuasi korban secara maksimal.

“Sebagaimana dengan arahan dari Bapak Menteri, saya pastikan dalam beberapa hari kedepan akan tetap bertahan di Lumajang, memastikan kerja-kerja kemanusiaan yg dilakukan oleh rekan rekan DPD, rekan-rekan GP NasDem, dan seluruh pihak yang turut membantu proses evakuasi warga terdampak, berjalan lancar dan tak kurang suatu apapun,” tandasnya.

(Agus/WH/Red)

Add Comment