a

Perketat Pintu Masuk untuk Cegah Varian Omicron

Perketat Pintu Masuk untuk Cegah Varian Omicron

JAKARTA (30 November): Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ratu Ngadu Bonu Wulla mendukung segala upaya pencegahan masuknya varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529).

“Pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan harus diperketat,” kata Ratu dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/11).

Legislator NasDem itu juga mendorong agar pemeriksaan terhadap Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri diperketat.

“Periksa ketat WNA dan WNI dari luar negeri, khususnya negara yang sudah memiliki kasus varian Omicron. Juga perlu wajib karantina bagi yang datang dari luar negeri,” tandasnya.

Selain memperketat pintu masuk dari luar negeri, Ratu juga mengimbau agar PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diberlakukan secara ketat saat libur Natal dan tahun baru (Nataru).

“Pemberlakuan PPKM di masa Nataru harus dengan prokes (protokol kesehatan) yang ketat dan tegas. Tempat hiburan, pariwisata, rumah makan dapat menjalankan aktivitas tetapi tetap menerapkan prokes yang ketat,” tegasnya.

Legislator NasDem dari Dapil Nusa Tenggara Timur II (Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Kupang, Rote Ndao, dan Kota Kupang) itu juga mengimbau pemerintah untuk segera mempercepat vaksinasi Covid-19.

“Pemerintah harus memastikan akselerasi vaksinasi sudah 70% di akhir tahun, atau mencapai herd immunity/kekebalan komunal dari Covid-19,” pungkasnya.

(RO/*)

Add Comment