a

Waspadai Penurunan Disiplin Menjalankan Prokes

Waspadai Penurunan Disiplin Menjalankan Prokes

JAKARTA (11 November): Perlu mewaspadai penurunan kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan (Prokes) di masa jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air relatif rendah dalam beberapa bulan terakhir.

“Situasi pandemi yang mulai menunjukkan kondisi terkendali jangan membuat kita lengah, hingga mengabaikan prokes dalam aktivitas sehari-hari,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/11).

Catatan Satgas Covid-19 berdasarkan pantauan terhadap 5.504.691 orang di 836.435 titik pantau yang tersebar di 32 provinsi, pada periode 1-7 Oktober 2021, masih ada 31 kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan rendah dalam memakai masker, yaitu kurang dari 60%.

Menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, disiplin menggunakan masker yang merupakan bagian dari penerapan prokes, jangan sampai ditinggalkan.

Indikasi penurunan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan prokes itu, kata Legislator NasDem itu, harus diwaspadai dengan memberi pemahaman secara konsisten kepada masyarakat bahwa di era pascapandemi disiplin menerapkan prokes seperti memakai masker dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat diperlukan.

Selain itu, ujar Rerie, indikasi menurunnya disiplin prokes di sejumlah daerah itu, jangan sampai berlanjut dan berujung pada pengabaian terhadap sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19.

Sejumlah upaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap setiap kebijakan pengendalian Covid-19, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus terus dilakukan agar efektivitas pengendalian penyebaran virus korona dapat terus terjaga.

Di sisi lain, ujarnya, konsistensi dalam meningkatkan imunitas masyarakat lewat program vaksinasi sangat diperlukan.

Namun, tegas Rerie, penguatan daya tahan tubuh belum cukup untuk mencegah merebaknya kembali Covid-19, tanpa kesadaran masyarakat menegakkan prokes dalam keseharian.(*)

Add Comment