a

Amelia Resmikan Sumur Bor, Warga Kebumen tak Lagi Sulit Air

Amelia Resmikan Sumur Bor, Warga Kebumen tak Lagi Sulit Air

KEBUMEN (20 September): Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai NasDem, Amelia Anggraini meresmikan bantuan berupa sumur bor warga Desa Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (17/9).

Peresmian bantuan itu dihadiri Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto dan anggota Departemen Kesehatan DPP Partai NasDem, Faiz Alauddien Reza Mardhika.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Susanto, Koordinator Sahabat Amelia, dan diterima Sudiono, Kepala Desa Pohkumbang.  

Sumur bor itu merupakan aspirasi dari Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto yang menyalurkan bantuan dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dalam kesempatan tersebut Susanto menjelaskan bahwa sumur bor tersebut sesungguhnya sudah beroperasi sejak Januari lalu.  Namun peresmiannya memang baru dilakukan.

“Ketika cek sudah bisa mengaliri 130 KK. Awalnya di Pohkumbang saat kemarau tidak ada air. Namun, saat ini mereka bisa menikmati air secara normal karena bantuan ini,” ungkap Santo.

Selain memenuhi kebutuhan air untuk rumah tangga, keberadaan sumur bor itu juga mengairi sawah di sekitar lokasi. 

“Bahkan program ini dikombinasikan dengan Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Airnya dari sumur bor itu,” tambah Santo.

Penampungan air yang berada di lokasi sumur bor tersebut dapat menampung hingga lima ribu liter air. Atas bantuan itu, masyarakat Pohkumbang tak lagi risau saat musim kemarau tiba.

Santo juga menyampaikan pesan dari Amelia yang berharap agar bangunan itu dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat Pohkumbang. Terlebih bantuan itu dapat membantu meningkatkan kesadaran sanitasi.

“Masyarakat agar selalu menjaga kesehatan karena ini terkait dengan sanitasi. Ibu (Amelia) juga siap menurunkan bantuan-bantuan terkait sanitasi,” kata Santo menyampaikan pesan Amel.

Menurut Santo, Amelia Anggraini juga menyebutkan bahwa pihaknya akan mengupayakan program serupa bagi masyarakat Kebumen demi mencukupi kebutuhan air.(NasDemJateng/*)

Add Comment