a

GPND Aceh Kumpulkan 59 Kantong Darah dan 10 Donatur Plasma

GPND Aceh Kumpulkan 59 Kantong Darah dan 10 Donatur Plasma

BANDA ACEH (19 Agustus): DPW Garda Pemuda NasDem (GPND) Provinsi Aceh, menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen yang dikemas dalam program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma), pada Rabu (18/8). 

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor DPW Partai NasDem Aceh, Jalan T Panglima Nyak Makam No.7, Lampineung, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, itu sebagai upaya membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

Ketua GPND Aceh, Muhammad Irfan mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk kepedulian Garda Pemuda NasDem terhadap warga masyarakat di masa pandemi yang melanda Tanah Air. PSP Berdema, katanya, merupakan program yang diluncurkan secara nasional guna membantu pemerintah memenuhi kebutuhan donor plasma konvalesen yang sangat tinggi.

"Saat ini pandemi belum berakhir, ditambah lagi dengan kebutuhan donor plasma konvalesen cukup tinggi. Ini yang membuat Garda Pemuda NasDem Aceh menggelar aksi kemanusiaan," kata Irfan di sela acara.

Irfan mengaku prihatin akan tingkat kebutuhan donor plasma konvalesen yang tinggi. Maka Garda Pemuda NasDem berharap dengan kegiatan tersebut sedikit membantu masyarakat yang membutuhkannya.

"Kita tidak boleh diam dan harus bergerak secara bergotong royong," tambahnya.

Irfan mengatakan, program tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan 10 tahun Garda Pemuda NasDem sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. 

"Kami sebagai sayap partai diharuskan untuk berbaur dengan masyarakat, peduli dengan masyarakat, dan seterusnya kami juga akan membuat program-program sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, terkumpul 59 kantong darah dan 10 pendonor plasma konvalesen

Irfan menyebutkan, pendonor yang mendaftar mencapai 85 orang dari target 100. Namun, berdasarkan data final dari pihak PMI tercatat pendonor darah biasa sebanyak 59 kantong darah, sedangkan pendonor plasma konvalesen sebanyak 10 orang.

"Untuk pendonor plasma konvalesen, mereka mendaftar di sini (Kantor DPW Partai NasDem Aceh) selanjutnya mereka akan ke PMI untuk diambil sampel darah yang akan dikirim ke Jakarta untuk discreening, apakah layak untuk mendonor atau tidak," ujar Irfan.

Irfan menyebutkan, plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat dan kritis. 

"Saat ini, solidaritas yang tinggi sangat diperlukan di masyarakat untuk melakukan donor plasma. Ayo bersama dan bersatu untuk melawan pandemi ini, karena pandemi ini tidak bisa kita lawan sendiri-sendiri.  Insyaallah kalau kita bersatu pandemi ini akan berakhir dan perekonomian masyarakat juga akan kembali normal," terangnya.

Irfan juga menyambut baik antusiasme warga Banda Aceh dan para sponsor sehingga kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar.

"Partisipasi dan semangat kita semua menunjukkan tingkat kepedulian antarsesama dalam bahu membahu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Semoga donor darah plasma konvalesen hari ini dapat menjadi salah satu dukungan terhadap ketersediaan kantong plasma konvalesen," pungkasnya.(Iqbal/*)

Add Comment