a

Nurlaela Perjuangkan Ambulans Laut untuk Pulau Terluar di Ternate

Nurlaela Perjuangkan Ambulans Laut untuk Pulau Terluar di Ternate

TERNATE (17 Agustus): Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Maluku Utara, dari Fraksi Partai NasDem, Nurlaela Syarif mengatakan pelayanan kesehatan di pulau terluar sangat membutuhkan sarana ambulans laut. 

Karena itu, menurut Nurlaela, fasilitas berupa speedboat yang dilengkapi alat kesehatan (alkes) dan tenaga medis perlu diprioritaskan untuk Pulau Batang Dua, Kecamatan Pulau Moti, dan Kecamatan Pulau Hiri.

”Ternyata, ambulans laut di Pulau Moti sudah tidak lagi berfungsi. Dari koordinasi dengan dinas terkait, ada kendala biaya operasional, perbaikan dan perawatan fasilitas,” ujarnya saat dihubungi, Senin (16/8).

Legislator NasDem Ternate itu menambahkan pihak dinas terkait telah mengusulkan alokasi anggaran untuk fasilitas tersebut. 

"Namun, anggaran proyek masuk dalam daftar refocusing. Jadi, persoalannya ada di eksekutif,” katanya.

 Nurlaela juga mengatakan kendala di tiga pulau terluar itu termasuk dalam hal pelayanan di Puskesmas yang masih terbatas. Sehingga, para pasien yang sudah gawat harus dirujuk ke rumah sakit di Ternate.

"Itu sebabnya saya berharap fasilitas berupa ambulans laut bisa masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sehingga bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat yang berada di wilayah terluar," pungkasnya.(RO/*)

Add Comment