a

Garda Pemuda NasDem Jakarta Gelar Donor Plasma Konvalesen

Garda Pemuda NasDem Jakarta Gelar Donor Plasma Konvalesen

JAKARTA (14 Agustus): Dewan Pimpinan Wilayah Garda Pemuda NasDem (GPND) DKI Jakarta menggelar donor darah merah dan donor plasma konvalesen, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat-Sabtu (13-14/8). 

Donor darah yang dihelat dari kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Donor Darah (UDD) DKI Jakarta itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Sesuai arahan Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, agar GPND menjadi Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma), di bawah kepemimpinan Nova Harivan Paloh, GPND DKI Jakarta berharap bisa membantu stok kebutuhan plasma konvalesen di Ibu Kota.

"Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan kemudian diproses sebelum diberikan kepada pasien. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari Covid-19," ungkap Nova Harivan Paloh melalui keterangan tertulisnya, Jumat (13/8). 

Anggota DPRD DKI Jakarta itu juga berharap, dengan gerakan nyata tersebut menjadi momentum bersama dalam menanggulangi wabah pandemi. 

Di hari pertama, tercatat ada 50 orang penyintas Covid-19 yang berasal dari kader serta masyarakat umum melakukan donor plasma konvalesen, dan 49 orang menjadi donor darah merah. 

Acara yang dihadiri Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria bersama Wali kota Jakarta Timur, Moh Anwar, juga disambut antusias masyarakat untuk melakukan skrining donor plasma konvalesen. 

"Meningkatnya kasus positif Covid-19 disertai meningkatnya jumlah permintaan plasma konvalesen di Jakarta menggerakan kami untuk turut berperan serta membantu pemerintah dan masyarakat yang membutuhkan plasma tersebut," tegas Nova Paloh.

Program Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Berderma dilaksanakan secara serempak di 34 provinsi. 

"Kegiatan positif seperti ini diharapkan dapat membangkitkan semangat para anggota Garda Pemuda NasDem untuk melayani dan membantu sesama," pungkas Legislator NasDem DKI Jakarta itu.(RO/*)

Add Comment