a

Satgas Covid 19 Perlu Proaktif Tangani Pasien Isoman

Satgas Covid 19 Perlu Proaktif Tangani Pasien Isoman

JAKARTA (13 Juli): Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mendorong Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dan petugas kesehatan dari puskesmas proaktif dalam menangani pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Harus ada perhatian yang sama diberikan kepada mereka (pasien Covid-19) yang tengah menjalani isoman,” kata Wibi kepada wartawan, Senin (12/7).

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu menyoroti adanya kasus pasien Covid-19 yang meninggal saat isolasi mandiri, lantaran kurangnya koordinasi dari Satgas Covid-19 dengan petugas puskesmas.

Menurut Wibi, jika ada koordinasi yang terintegrasi, serta pemantauan yang dilakukan secara rutin oleh petugas atau pihak terkait, tentu bisa mengambil langkah terbaik.

“Tidak bisa hanya mendata tapi kerja teman-teman satgas harus terintegrasi dan termonitor. Berikan juga perhatian. Kalau tidak dikontrol, siapa yang tahu kalau kondisi pasien terus memburuk atau membaik,” jelasnya.

Legislator NasDem DKI Jakarta itu mengatakan, saat ini klaster keluarga sedang meningkat.  Dia mengimbau agar satgas di tingkat RT/RW diberikan pelatihan manajemen Covid-19 secara khusus dan dukungan logistik yang cukup serta alat pelindung diri.

"Bukan hanya itu, mereka juga perlu diberikan dukungan yang terintegrasi dengan kelurahan, juga terintegrasi dengan puskesmas. Sistem yang ada di puskesmas juga harus dibenahi,” pungkas Wibi.(RO/*)

Add Comment