a

DPP NasDem Tuntaskan Vaksinasi 3000 Lansia dan Pelayan Publik

DPP NasDem Tuntaskan Vaksinasi 3000 Lansia dan Pelayan Publik

JAKARTA (29 Mei): Pemerintah telah menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana non-alam. Sejak diumumkan kasus konfirmasi pertama pada Maret 2020, dalam rentang waktu satu bulan seluruh provinsi telah melaporkan kasus terkonfirmasi. 

Oleh karena itu perlu segera dikakukan intervensi baik dari penerapan protokol kesehatan, maupun intervensi lain yang efektif guna memutus mata rantai penularan penyakit.

Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem, Okky Asokawati mengungkapkan bahwa intervensi lain yang dimaksud yakni dengan menggelar kegiatan vaksinasi. 

“Sesuai instruksi Ketua Umum, Bapak Surya Paloh, Partai NasDem telah melakukan dua kegiatan vaksinasi pada 20 hingga 26 April 2021 dan 18 sampai 24 April lalu,” kata Okky melalui keterangan persnya, Jumat (28/5). 

Kegiatan dilaksanakan di The Media Hotel & Towers, Jakarta, dengan jumlah sasaran 3.000 orang yang mendapatkan vaksinasi dilakukan oleh Badan Rescue Partai NasDem sebagai pelaksana teknis. 

“Dalam kegiatan Vaksinasi Dosis-1 yang dilaksanakan pada 20-26 April 2021, kami menempatkan 10 dokter, 12 paramedis, dan 27 orang relawan untuk administrasi dan supporting setiap harinya,” jelas Okky.

Sedangkan untuk kegiatan Vaksinasi Dosis-2 yang dilaksanakan pada 18-26 April 2021, lanjut dia, ditempatkan 8 dokter, 12 paramedis, dan 29 relawan administrasi dan supporting setiap harinya di The Hotel Media & Tower.

Kegiatan berlangsung melalui proses verifikasi berdasarkan undangan melalui SMS/WA (whatsapp) yang kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran dan perubahan data. 

“Peserta diperiksa tekanan darah dan cek suhu badan, serta wawancara singkat tentang riwayat kesehatan. Baru kemudian peserta disuntik vaksin Covid-19. Langkah terakhir melakukan observasi dan cetak kartu vaksin dosis ke-1 atau ke-2,” papar Okky.

Srikandi NasDem itu mengatakan, dalam kegiatan yang didukung bantuan alat kesehatan, ICU mini, dan ambulans lengkap dari Rumah Sakit Mayapada (Mayapada Grup) itu mengacu kepada ketentuan Kemenkes/Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 

"Sasaran vaksinasi pada April 2021 diutamakan untuk para lansia dan tenaga pelayanan publik, serta kader Partai NasDem," sambung Okky.

Perlu diketahui, sebelum kegiatan vaksinasi, telah dilakukan berbagai persiapan mulai dari rapat-rapat yang berlangsung selama tiga kali rapat yakni, pada 30 Maret 2021, 12 April 2021, dan 16 April 2021. 

“Peserta mendaftarkan via online dan offline. Online, peserta mendaftar melalui Google form. Sedangkan, offline mendaftar melalui PIC,” tutup Okky.(RO/*)

Add Comment