a

Gula Aren bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Baru Sulbar

Gula Aren bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Baru Sulbar

MAMUJU (25 Mei): Wakil Ketua DPRD Sulawesi Barat (Sulbar) dari Fraksi Partai NasDem, Abdul Rahim menerima kunjungan pemuda tani kreatif dari Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar di rumah jabatannya di Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Selasa (25/5).

Kunjungan pemuda tani kreatif dari Luyo tersebut dalam rangka memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan produk lokal gula aren cair yang saat ini dikembangkan kepada Abdul Rahim.

Merespon hal tersebut, Abdul Rahim memberikan dukungan terhadap pemuda tani kreatif Luyo tersebut.

Menurut Abdul, hal yang dilakukan pemuda tani tersebut merupakan langkah inovatif dan kreatif yang jarang dilakukan pemuda lainnya.

“Perekonomian di negara kita saat ini kian memperlihatkan persaingan yang ketat. Jadi kita sebagai provinsi yang masih baru, provinsi yang ke 33 di Indonesia, harus mengambil bagian untuk kemajuan daerah kita. Seperti yang dilakukan pemuda tani kreatif dari Luyo, pengembangan gula aren cair,” ungkap Legislator NasDem Sulbar tersebut.

Abdul Rahim berharap dinas terkait, terutama Dinas Perindustrian, Koperasi dan Perdagangan UKM baik provinsi maupun kabupaten di Sulbar termasuk lembaga swasta lainnya, memberikan kontribusi agar usaha kreatif pengembangan gula aren cair bisa dimassifkan.

"Bukan hanya di Kecamatan Luyo tapi juga di kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Sulbar," imbuhnya.

Menurut Abdul Rahim, potensi gula aren di Sulbar cukup besar dan diharapkan bisa menjadi kekuatan ekonomi baru.

"Kita melihat, aren ini cukup menjanjikan untuk kebutuhan pasar bukan hanya kebutuhan domestik tapi juga kebutuhan luar negeri,” katanya.

Abdul Rahim yang sudah dua periode menjadi anggota DPRD Provinsi Sulbar dari NasDem itu juga mengatakan, penting bagi pemerintah untuk memperhatikan pengembangan dan kemajuan ekonomi kreatif di Sulbar. Yaitu dengan memberikan dukungan kepada generasi muda, baik dari sisi finansial maupun fasilitas lainnya.

“Proses pengembangan dan kemajuan ekonomi kreatif sangat dibutuhkan peran dari pemerintah Sulbar. Saya meyakini, ekonomi kreatif dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi di Sulbar terutama pengembangan gula aren. Pemerintah tentunya akan menyediakan pasar dan faktor produksi pendukung lainnya,” tutupnya.(RO/HH/*)

Add Comment