a

Keputusan Bijak Pembebasan Kakek Somasu

Keputusan Bijak Pembebasan Kakek Somasu

TUBAN (5 Mei): Partai NasDem memberi dukungan moral kepada keluarga Somasu, 69, dalam menghadapi kasus tuduhan pencurian sebatang kayu di Desa Waleran, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Somasu dilaporkan oknum aparat Perhutani dan diamankan pihak berwajib, Selasa (27/4). 

Anggota DPRD Tuban Fraksi Partai NasDem, Rasmani mengatakan, Indonesia merupakan negara hukum, sepatutnya setiap warga negara tunduk dan patuh terhadap undang-undang. Hal ini juga berlaku kepada penegak hukum yang wajib melaksanakan perintah hukum demi keadilan. 

"Memberikan efek jera kepada setiap pelaku kejahatan itu merupakan hal yang tepat, karena kita negara hukum. Tapi dalam kasus ini, membebaskan kakek Somasu adalah keputusan sangat bijaksana, dimana sudah ada efek jera bagi pelaku dan efek sosial yang ditimbulkan kepada masyarakat," kata Rasmani dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5). 

Menurut Legislator NasDem Tuban it, ada hal yang menjadi pertimbangan saat melakukan pendampingan terhadap kakek Somasu dan keluarga. Dari sisi hukum yaitu berbagai upaya dilakukan agar Perhutani mencabut laporannya, sehingga proses hukumnya selesai. 

"Terlepas dari itu semua, kakek Somasu merupakan keluarga kurang mampu. Sedangkan saat mengambil kayu juga rencananya digunakan untuk memperbaiki kusen rumahnya. Maka itu, kami akan upayakan untuk renovasi atau bedah rumah kakek Somasu itu," tegas Rasmani

Somasu akhirnya dibebaskan atas tuduhan pencurian kayu milik Perum Perhutani, Selasa (4/5). Laporan kakek pencuri kayu Perhutani tersebut telah dicabut setelah terjadi pendekatan hukum dengan lebih menitik-beratkan kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan untuk pelaku tindak pidana serta korbannya.

Somasu meminta maaf kepada keluarga dan Perhutani lantaran telah mengambil kayu milik Perhutani dan mengakibatkan dirinya diamankan polisi. 

Somasu juga mengucapkan terima kasih kepada Polres Tuban, Perhutani KPH Tuban, Fraksi Partai NasDem DPRD Tuban, Pemerintah Desa Waleran dan para simpatisan yang membantunya terbebas dari jeruji besi. 

"Saya juga terima kasih banyak kepada bapak-bapak DPR yang sudah memberikan bantuan dan dukungan moral kepada saya dan keluarga," kata Somasu dengan mata berkaca-kaca. (RO/tik/*)

Add Comment