a

Kepala Daerah dari NasDem Segera Realisasikan Janji Politik

Kepala Daerah dari NasDem Segera Realisasikan Janji Politik

PALU (4 April): Seluruh kepala daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang merupakan kader Partai NasDem agar segera merealisasikan janji-janji politik dan visi misi yang disampaikan kepada masyarakat saat Pilkada 2020.

Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad M Ali di Palu, Sulteng, Sabtu (3/4).

"Kalau kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada Partai NasDem, tidak digunakan dan dimanfaatkan sesuai harapan masyarakat, maka jangan salahkan masyarakat bila Pemilu 2024, Partai NasDem akan dihukum masyarakat seperti partai-partai sebelumnya," kata Ahmad M Ali.

Di Pilkada 2020, NasDem di Sulteng berhasil mengantar Rusdi Mastura-Ma'mun Amir menjadi Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng. Selain itu, NasDem juga menang di Kabupaten Toli-toli, Tojo Una-una, Morowali Utara, dan Kabupaten Banggai.

Pada Pileg 2019, Partai NasDem berhasil meraih kursi Ketua DPRD Provinsi Sulteng yang saat ini dijabat Nilam Sari Lawira. Selain itu, NasDem juga berhasil mengantar kadernya menjadi pimpinan di 11 kabupaten/kota dengan jabatan ketua dan wakil ketua DPRD.

"Capaian ini jangan membuat kita berlebihan dalam bahagia. Dengan capaian ini, secara kuantitatif Sulawesi Tengah menjadi basis utama Partai NasDem. Secara politik, saya katakan itu sebagai capaian yang sempurna," kata Haji Matu sapaan akrab Ahmad M Ali.

Pria asal Desa Wosu, Kabupaten Morowali itu mengemukakan capaian itu justru menjadi tantangan buat NasDem, karena masyarakat menempatkan NasDem sebagai harapan baru dalam memperjuangkan kesejahteraan mereka.

"Untuk itu saya mengajak kepada seluruh kepala daerah kader NasDem di Sulteng dan non-kader yang diusung NasDem, kita harus kesampingkan ego sektoral," kata Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI tersebut.

Legislator NasDem itu juga mengingatkan kepada Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng terpilih, Rusdi Mastura-Ma'mun Amir bahwa wajah NasDem ke depan tergantung dari mereka berdua. Seperti apa wajah Sulteng ke depan, itulah wajah NasDem di tahun 2024.

"Saya minta dalam menyusun RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) agar mengintegrasikan RPJMD kabupaten dan kota dengan RPJMD di tingkat provinsi, serta visi dan misi gubernur Sulteng terintegrasi dengan kabupaten/kota,’’ katanya. 

Dia melanjutkan, ‘’Gubernur tidak lagi memiliki program, tetapi gubernur hanya mengasistensi program. Program gubernur ada di kabupaten/kota. Karena itu kepada kepala daerah kader Partai NasDem, kepada kepala daerah sahabat Partai NasDem agar menyusun RPJMD yang terintegrasi dengan provinsi."

Calon Bupati Morowali Utara yang diusung Partai NasDem, Delis Julkarson Hehi setuju dengan pernyataan Ahmad M Ali.

"Kami sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Waketum Partai NasDem. Karena sebagai calon yang diusung Partai NasDem tentunya partai percaya bahwa calon yang diusung akan memegang amanah dan memperjuangkan kepentingan rakyat," kata Delis.

Ia menambahkan, sebagai calon yang diusung harus menjaga marwah partai dan tidak menyia-nyiakan kepercayaaan yang diberikan Partai NasDem.

Delis menjadi Bupati Morowali Utara terpilih hasil Pilkada 2020, namun Mahkamah Konstitusi memerintahkan KPU untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) di dua desa dan satu TPS khusus untuk karyawan PT ANA (Agro Nusa Abadi). PSU oleh KPU Morowali Utara akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2021.(NasDem Sulteng/Hamdin/*)

Add Comment