a

Petani NasDem Sulteng Mulai Tanam Porang

Petani NasDem Sulteng Mulai Tanam Porang

PALU (20 Januari): DPW Petani NasDem Sulawesi Tengah (Sulteng), melakukan penanaman perdana tanaman porang di kebun Petani NasDem Sulteng, di Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulteng, Rabu (20/1) pagi. 

Penanaman perdana tanaman porang tersebut dilakukan Rusdy Mastura, Gubernur terpilih Sulteng pada Pilkada Serentak 2020, didampingi Ketua Petani NasDem Sulteng, Mansyur M Yahya, Sekretaris DPW Partai NasDem Sulawesi Selatan (Sulsel), H Syaharuddin Alrif dan sejumlah fungsionaris DPW Partai NasDem Sulteng. 

"Keterlibatan Syaharuddin Alrif, kader Partai NasDem Sulsel pada penanaman perdana tanaman porang ini, karena di Sulawesi Selatan utamanya kelompok tani binaan Partai NasDem di wilayah tersebut telah lebih dahulu membudidayakan tanaman jenis ini dengan sukses. Karena itu, kami butuh pendampingan beliau," kata Mansyur M Yahya.

Kebun NasDem di Dolo, lanjut Mansyur, akan dijadikan pusat pembelajaran dan pengembangan porang di Sulteng. 

"Penanaman perdana direncanakan di areal sekitar empat hektar, dengan memprioritaskan pengembangan bibit porang," katanya.

Jika tidak ada hambatan, Mansyur yakin tanaman perdana itu akan menghasilkan 300.000 bibit porang baru, yang akan dikembangkan pada periode tanam tahun depan. 

"Porang akan menjadi komoditi baru yang potensial untuk dikembangkan di Sulawesi Tengah, karena kontur dan iklimnya sangat cocok," ungkap Syaharuddin Alrif yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel dari Fraksi NasDem.

Senada dengan itu, Rusdy Mastura mengatakan, porang akan menjadi komoditas baru yang bisa menjadi solusi dan menjanjikan bagi lahan di Sulteng yang kurang produktif. 

"Bahkan sepengetahuan saya, tanaman ini bisa ditumpangsarikan dengan tanaman jenis lain yang telah ditanam sebelumnya," katanya.

Untuk kesejahteraan petani, lanjut Rusdy, tanaman ini harus dikembangkan selain tanam pangan lain. Mengenai kebijakan, permodalan dan industri akan dikaji kembal.

"Untuk itu, saya minta DPW Petani NasDem Sulteng, menjadi garda terdepan," tutup Rusdy Mastura.(RO/Hamdin/*)

Add Comment