a

Tina Ajak Warga Bersihkan Pantai Bokori

Tina Ajak Warga Bersihkan Pantai Bokori

UNAAHA (11 November): Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak warga membersihkan pantai di Pulau Bokori, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (7/11).

Kegiatan bertajuk Gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA) itu bagian dari adaptasi kegiatan baru di destinasi wisata dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tina Nur Alam mengatakan, gerakan tersebut patut didukung sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar terus menjaga kebersihan pantai dan tempat wisata secara umum.

Apalagi, kata anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem itu, destinasi wisata di Sultra sangat banyak dan beragam.  Data BPS Sultra menunjukkan ada 1.110 destinasi wisata di 17 kabupaten dan kota se Sultra. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, savana, air terjun, wisata bawah laut, wisata sejarah dan budaya, kuliner, religi, hingga destinasi adventure.

"Destinasi wisata Sultra itu tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia. Selain Wakatobi yang masuk sebagai 10 Bali baru dan paling banyak dikunjungi wisatawan, masih banyak lagi destinasi wisata yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota," kata Legislator NasDem tersebut.

Wakil rakyat dari dapil Sultra itu berharap, masa pandemi ini tidak menyurutkan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional di Sultra. Meski begitu, Tina menekankan agar protokol kesehatan benar-benar diterapkan di setiap detinasi wisata atau daya tarik wisata (DTW).

Saat ini, Tina terus berusaha berkoordinasi dengan Kemenparekraf agar anggaran pengembangan DTW dan pelaku ekonomi kreatif diprioritaskan untuk Sultra. 

Beberapa yang telah diwujudkan melalui jalur aspirasi adalah Bantuan Insentif Pemerintah sebesar Rp200 juta, Bantuan Pemerintah Khusus (Banpersus) Rp100 juta, serta bantuan lauk pauk siap saji (balasa) sebanyak 14.010 paket bagi masyarakat dan UMKM yang terdampak Covid-19.

Pada kesempatan itu, Tina juga mengharapkan agar pemerintah daerah memaksimalkan pengelolaan daerah tujuan wisata  di Sultra dengan porsi anggaran yang tepat.

"Pemerintah daerah harus bisa berkreasi mewujudkan destinasi wisata yang menarik karena semakin banyak wisatawan tentu meningkatkan pendapatan daerah dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi wisata," tegas Legislator NasDem itu.

Senada dengan itu, Koordinator Area III Wilayah Sulawesi, Kementerian Parekraf, Agus Suprihastono mengatakan peran pemda sangat penting meningkatkan daya tarik wisata di daerah.

"Kementerian Pariwisata terus memaksimalkan DTW di seluruh Indonesia termasuk Sultra, namun butuh peran kita semua. Bukan hanya wisatawan, OPD-OPD (organisasi perangkat daerah)  pemda juga berperan. Misalnya dengan membuat kegiatan di lokasi wisata," ungkapnya.

Dia berharap aksi bersih pantai memberi kontribusi terhadap lebih cintanya pengunjung DTW terhadap kebersihan.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Parekraf Sultra, Kadis Parekraf Kendari, dan Kadis Parekraf Konawe. Gerakan BISA ini melibatkan 100 orang warga sekitar untuk membersihkan Pantai Bokori. (RO/*)

Add Comment