a

Kuatkan Kebersamaan Subardi Bantu Pembangunan Masjid

Kuatkan Kebersamaan Subardi Bantu Pembangunan Masjid

WONOSARI (3 November): Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Subardi, meninjau pembangunan masjid di Semoyo, Patuk, Gunungkidul, DIY, Selasa (3/11). Kedatangannya dalam rangka memberi bantuan uang tunai untuk pembangunan masjid yang baru berjalan satu bulan itu. 

Mbah Bardi, sapaan akrabnya, berkeliling melihat pembangunan masjid yang masih terpasang rangka bambu untuk melapisi tembok dengan semen. Bagian depan tampak ceruk setengah lingkaran menjorok ke dalam sebagai tempat Imam memimpin shalat. Sementara bagian atas sudah terpasang genteng dengan kubah dari aluminium.

Kepada warga, anggota Komisi VI DPR RI dari NasDem itu mengatakan pembangunan masjid tersebut harus selesai tepat waktu agar kegiatan keagamaan aktif kembali. Ia kemudian menyerahkan bantuan uang tunai meski enggan menyebut jumlahnya. Legislator NasDem dapil DIY itu menyampaikan pesan penting dari keberadaan masjid, yakni semangat kebersamaan. Makna ini merupakan filosofi dari perintah shalat berjamaah.

“Filosofi masjid yang setiap hari digunakan shalat berjamaah untuk menguatkan kebersamaan. Dari makna inilah timbul ketahanan sosial, ada semangat gotong royong, ada kesatuan dan kekeluargaan. Seluruh makna tersebut merupakan modal sosial untuk hidup rukun dan masyarakat lebih berdaya,” ujar Legislator NasDem dari dapil DIY itu.

Menurut warga, semula masjid itu merupakan bangunan tua yang berdiri sejak tahun 1951. Karena kondisi bangunan yang mulai rapuh, seluruh warga kemudian sepakat agar direkonstruksi, tanpa mengubah bentuk bangunan awal peninggalan sesepuh mereka. 

“Kami bermusyawarah untuk membangun ulang dengan konstruksi beton agar lebih kuat. Seluruh warga terlibat mulai dari pendanaan hingga pengerjaan. Bahkan ada warga sepuh datang setiap hari, sering menceritakan pembangunan oleh sesepuh kami pada tahun 1951,” ujar Franki, salah seorang warga yang turut mendampingi Subardi.

Pembangunan masjid dengan gaya arsitektur Limasan ditargetkan rampung dalam kurun waktu tiga bulan. Di bagian depan masjid dibangun serambi untuk digunakan berbagai kegiatan warga. Segenap warga Semoyo menyampaikan terima kasih atas bantuan itu. Mereka berharap Subardi kembali datang saat peresmian masjid.(Nizar/*)

Add Comment