a

KPUD Diminta Lebih Progresif Rekrut Petugas KPPS

KPUD Diminta Lebih Progresif Rekrut Petugas KPPS

JAKARTA (24 Oktober): Sejumlah temuan menjelang pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2020 diungkap anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi NasDem, Aminurokhman. Salah satu temuan itu adalah soal perekrutan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Salah satu yang saya temukan adalah rekrutmen petugas KPPS belum mencapai target," kata Aminurokhman kepada Medcom.id, Sabtu, (24/10)

Legislator NasDem asal dapil Jawa Timur II (Kabupaten dan Kota Probolinggo, serta Pasuruan) itu menyebutkan temuan itu didapatnya saat memantau persiapan Pilkada Serentak Jawa Timur. Namun, temuan tersebut hanya ada di beberapa KPUD.

Mantan Wali Kota Pasuruan dua periode itu khawatir temuan itu berdampak pada Pilkada 9 Desember 2020. Pasalnya, jumlah TPS akan ditambah karena pencoblosan dilakukan di masa pandemi Covid-19.

"Kalau petugas TPS tidak sesuai kebutuhan takutnya kacau," kata Legislator NasDem itu.

Aminurokhman meminta persoalan itu segera diselesaikan. Dengan begitu, target yang sudah disepakati bisa tercapai agar tidak mengganggu pemungutan suara.

"Kami dari Komisi II DPR meminta KPU mengambil langkah progresif lagi," tegas Amin. 

Pemungutan suara Pilkada 2020 digelar Desember 2020. Ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan karena kegiatan berlangsung di tengah pandemi. Di antaranya penambahan jumlah TPS untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan.(medcom/*)

Add Comment