a

Sulaeman Terima Aspirasi Gapoktan OAP Merauke

Sulaeman Terima Aspirasi Gapoktan OAP Merauke

MERAUKE (19 Oktober): Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem, Sulaeman L Hamzah, menerima aspirasi dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Orang Asli Papua (OAP) agar diberikan alat mesin pertanian (Alsintan).

Permintaan tersebut disampaikan dalam pertemuan di saat Sulaeman melakukan reses di Merauke, Papua, Minggu (18/10). Rencananya alat tersebut akan dipergunakan untuk membuka lahan baru atau lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan.

Diketahui, keseluruhan lahan di sekitar Jalan Cikombong, pinggiran Kota Merauke, seluas 89 hektar dan baru diolah sekitar 24 hektar. Sisanya masih berupa lahan tidur. Bahkan yang sudah digarap, belum maksimal karena terkendala minimnya alsintan.

“Kami terkendala pada peralatan tani saja. Jadi kami minta Bapak dan Ibu membantu alsintan untuk kelompok tani kami,” ujar Ketua Gapoktan, Yohanes dalam pertemuan dengan Sulaeman L Hamzah didampingi anggota DPRP, Fauzun Nihayah di lahan petani Cikombong.

Sekretaris Asosiasi Petani Asli Papua, Anselmus Kowirob mengatakan, kekurangan alat mengakibatkan ada kecemburuan antara petani yang mampu dan yang tidak mampu. Untuk itu, bantuan alsintan akan memudahkan masyarakat mengolah lahan, dan tidak ada lagi yang merasa kurang hati.

“Masyarakat punya semangat bertani, tinggal dukungan peralatan,” sambung Anselmus.

Menanggapi keluhan tersebut, anggota DPRP Papua, Fauzun Nihayah menyampaikan, selama periode pertama anggota DPR RI, H Sulaeman, ada ratusan alsintan sudah diberikan ke Merauke.

“Kalau masih ada yang belum optimal, itu karena komunikasi yang belum berjalan baik. Bersyukur kita punya wakil rakyat seperti Bapak Sulaeman L Hamzah yang membidangi pertanian. Banyak bantuan alat pertanian larinya ke Merauke,” tutur Fauzun.

Setiap alat yang datang, tambah Fauzun, pasti ada yang memperjuangkan atau menyuarakan. Terbukti, selama periode lalu, Sulaeman Hamzah sudah mendatangkan bantuan alsintan sebanyak 500 unit untuk Merauke.

“Komitmen kami dari Partai NasDem adalah bagaimana petani betul-betul berdaya, punya hasil yang baik. Mari kita menjadi petani cerdas, mandiri dan menciptakan lahan pertanian untuk kebaikan hidup,” kata Legislator NasDem tersebut.

Sulaeman L Hamzah dalam kesempatan tersebut membenarkan bantuan yang sudah diperjuangkannya. Sebagai anggota legislatif yang membidangi pertanian, dirinya akan berupaya selalu turun ke lapangan, untuk melihat dan mendengar langsung keluhan masyarakat.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi NasDem itu menyebutkan, ada dua jalur batuan alsintan, yaitu bantuan pemerintah melalui Dinas Pertanian dan bantuan aspirasi masyarakat melalui wakil rakyat. 

"Pembagian alat akan dilihat penyebarannya, dan hanya diberikan kepada kelompok tani bukan perorang agar bisa digunakan bersama secara bergantian," imbuhnya. 

Legislator NasDem itu mengaku bangga karena petani asli Papua di Merauke sudah membaur dengan masyarakat pendatang. Adaptasi masyarakat asli di sektor pertanian sudah bagus, hanya belum seimbang, masih butuh proses.

“Mari kita lihat,  apa kekurangan untuk medapatkan support melalui kebutuhan yang perlu didukung. Asosiasi OAP menjadi fokus perhatian dari Partai NasDem,” pungkasnya.(HH/*)

Add Comment